Sunday, June 13, 2010

KATALOG PRODUK, FLYER & POSTER

Pada artikel bulan Mei 2010 Saya telah membahas sarana promosi yang paling umum yaitu Brosur. Di tulisan kali ini akan saya lanjutkan pembahasan mengenai sarana promosi lainnya yang tak kalah popular yaitu KATALOG PRODUK, FLYER/SELEBARAN & POTER.

1. KATALOG.

Bila produk yang ingin Anda promosikan jumlahnya banyak dan ingin sekaligus di-expose bersama-sama, maka disarankan untuk membuat Katalog. Karena produk yang dipromosikan dalam katalog ini jumlahnya banyak, maka biasanya cetakannya disatukan dalam bentuk buku atau majalah sederhana. Katalog ini biasanya dipakai oleh Supermarket seperti, produsen pakaian jadi, alat-alat kosmetika, produsen elektronika dan sebagainya. Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginannya.

2. FLYER/SELEBARAN.

Selebaran/flyer Adalah bentuk sederhana dari brosur. Yang membedakannya dengan brosur adalah isi atau tema yang ada dalam disainnya. Brosur biasanya hanya menonjolkan kelebihan utama sebuah produk. Sedangkan selebaran/flyer biasanya berisi tentang program khusus yang sifatnya sementara (temporary). Jadi bila Anda sedang melakukan program cuci gudang, program berhadiah atau memberikan diskon khusus, maka buatlah flyer.  Selebaran/flyer biasanya menggunakan kertas cetakan yang lebih murah karena memang sifatnya yang harus segera disebarkan kepada banyak orang dalam waktu tertentu dan hanya selama program berlangsung.
                                                                                                                  
3. POSTER.

Secara fisik poster biasanya lebih besar ukurannya dibandingkan dengan brosur, katalog atau flyer. Poster mempunyai fungsi hampir seperti ketiga jenis media cetakan di atas. Dia bisa berfungsi seperti brosur, yaitu menampilkan keunggulan utama dari sebuah produk. Tapi tampilan pada poster biasanya lebih sederhana. Kalimat-kalimat panjang yang biasanya digunakan pada brosur untuk menjelaskan keunggulan produk biasanya tidak ada pada poster. Poster biasanya akan banyak menggunakan visual/ilustrasi gambar untuk menonjolkan produk bersangkutan.

Poster juga bisa berfungsi seperti layaknya katalog. Jumlah halaman yang berlembar-lembar pada katalog bisa disatukan menjadi satu halaman besar berbentuk poster yang meng-expose seluruh produk.

Poster juga bisa berfungsi untuk mempublikasikan suatu program penjualan khusus seperti layaknya flyer. Hanya saja kalau flyer bisa langsung dibagikan kepada khalayak umum satu-persatu, sedangkan poster biasanya ditempel pada dinding yang bisa dilihat oleh orang banyak.
(http://purwanto89.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment