Yang temasuk media luar ruang ini antara
lain adalah :
- Billboard
- Baligho
- Umbul-umbul
- Spanduk
- Papan Nama Perusahaan/Toko
(Shopsign)
- Balon Udara
- Neon Box, dll.
Hal khusus yang perlu diperhatikan saat
Anda ingin menggunakan Media luar ruang ini adalah biaya pajak retribusi
iklan. Besarnya pajak iklan ini tiap daerah memiliki kebijaksanaan dan
peraturan yang berbeda. Namun biasanya hitungan dasarnya adalah sebagai berikut
:
Panjang x Lebar x jangka waktu pemasangan
x Rupiah
Jadi pajak iklan yang harus dibayar adalah
hasil perkalian dari Panjang dengan Lebar bidang gambar dikalikan dengan jumlah
hari pemasangan iklan Anda dikalikan lagi dengan nilai Rupiah yang besarnya
sesuai peraturan yang berlaku. Disamping faktor-faktor di atas, biasanya ada
peraturan tambahan lagi yang bersangkutan dengan luas bidang minimum dari
iklan, faktor pencahayaan (Frontlite atau Backlite), lokasi kelas jalan, dll.
Jadi Anda harus mengeluarkan dua macam
biaya yaitu :
- Biaya produksi material promosi (termasuk ongkos
pemasangan)
- Biaya pajak retribusi iklan daerah.
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan
media luar ruang ini maka pilihlah lokasi yang tepat sesuai sasaran konsumen
serta produk Anda. Lokasi-lokasi persimpangan jalan biasanya menjadi incaran
utama para pemasang iklan jenis ini. Namun tidak semuanya harus seperti itu.
Kadang kala beriklan di dinding luar sebuah pusat pertokoan/Mall juga sangat
efektif untuk mereka yang memiliki toko di dalam Mall tersebut. Jadi tidak
perlu memasang iklan di persimpangan jalan yang biasanya sangat mahal.
Pemasangan iklan di lapangan olah raga juga sangat efektif untuk produk minuman
energy, air mineral, suplemen kesehatan dan peralatan olah raga.
Hal penting lainnya dalam merencanakan
iklan luar ruang ini adalah jangan menggunakan kata-kata atau kalimat yang
terlalu panjang. Karena lokasinya yang berada di tempat-tempat umum, biasanya
orang akan membaca iklan ini sambil beraktifitas. Jadi waktu Anda untuk bisa
menarik perhatian mereka sangatlah singkat. Supaya pesan dalam iklan Anda
efektif maka utamakan untuk menampilkan gambar dan slogan singkat yang mudah
diingat.
No comments:
Post a Comment