Dari beberapa pertanyaan ada kesamaan mengenai inti masalah yaitu
Bagaimana mengenai aplikasi pemasaran dan marketing untuk bisnis UKM yang
budget promosinya terbatas. UKM ini misalnya toko yang dibuka di ruko 1 lantai,
gerobak dorong, atau bahkan kios pinggir jalan, atau diasongkan keliling
kel;iling kawasan Pemasaran dalam suatu usaha, termasuk juga
bisnis UKM tersebut di atas pasti tetap butuh pemasaran. Untuk
UKM yang pasti budget pemasarannya memang terbatas, tapi tetap ada taktik
efesien dan efektif yang bisa dilakukan. Tapi yang perlu diperhatikan di awal
adalah pastikan bahwa produk anda memang dibutuhkan oleh pasar sekitar outlet.
Selebihnya seperti persaingan, service, bisa diperbaiki terus sambil bisnis
berjalan.
Pemasaran untuk UKM bisa dimulai dari hal hal marketing yang sangat dasar, tapi
innovatif. Coba disimak :
1. Brand: gunakan brand yang catchy, bisa juga terdengar "nyeleneh" agar pasar juga cepat aware dengan hadirnya toko anda.
Juga thematik in line dengan produk yang dijual. Brand yang unik akan diingat
lebih lama daripada nama brand yang pasaran. Apalagi disekitar banyak toko
pesaing. Pasang banner logo Brand ini di depan took dengan ukuran yang
lumayan terlihat dsn fontnya bisa jelas dibaca. Logo brand jangan dibuat
mengejar estetika pemilik brand tapi jadi susah dibaca orang umum. Logo Brand
sebaiknya simple, gampang dibaca sekilas dan langsung diingat orang karena
namanya unik, bentuk estetikanya pas dan komposisi warnanya menarik Logo Brand
juga dipasang di brochure promo, kemasan produk, seragam penjaga toko, bahkan
di souvenir souvenir misalnya.
2. Outlet/Toko:, catnya berwarna terang agar markingnya jelas. Kalau bisa gunakan color identity sesuai warna logo agar in line dengan
logo brandnya. Kalau itu berupa gerobag dorong, maka cat
gerobag dengan warna terang atau digambar body gerobagnya secara menarik.
Walaupun sudah malam jaga agar lampu signboard brand toko anda tetap
terang, agar jika malam ada orang yang lewat depan toko tapi toko sudah tutup
tapi sempat muncul keinginan untuk datang besok harinya. Sign board juga memuat
gambaran produk yang anda jual juga no telp yang bisa dihubungi . Dan ingat lampu penerangan harus terang agar terpancar energy produktif
untuk toko Anda. Toko yang gelap, kusam , tidak terawat membuat orang malas
berkunjung apalagi melakukan transaksi.
3. Buat bonus menarik yang murah. Misalnya warung makan pecel lele: untuk pesan
2 porsi lele dapat teh botol gratis. Untuk toko galon aqua atau gas tambahkan
beberapa bungkus supermi. dan lainnya. Promo promo paket
seperti di toko toko retail modern di Mall mall juga tidak tabu untuk dibawa ke
toko toko kecil pinggir jalan. Bahkan bagi kalangan segmen mid below penawaran
paket promo lebih hemat ini sangat berarti bagi mereka karena mereka segmen
pasar yang peka harga
4. Care kepada pelanggan. Yang juga membedakan satu toko dengan toko lain
sejenis adalah perhatiannya. Misalnya toko jual pulsa, selama proses input
pulsa ke hp sediakan 1 cup mineral water dan permen untuk yang mengisi pulsa
atau membeli assesories hp. Tawarkan jasa kita untuk membantu
mengisikan pulsa fisik di hp mereka. Untuk toko bangunan,
beri pertimbangan kepada pembeli cat tembok sebagai konsultasi, bukan hanya
sekedar jual beli padahal kita tahu cat yang kita jual ke pembeli sebetulnya
tidak cocok atau terlalu mahal...
5. Performance. Ini yang sering dilupakan di toko toko
kecil. Walaupun hanya jualan di toko kecil,
selalu jaga penampilan yang terbaik. Wajah segar, rambut
disisir rapi, tidak bau badan dan tidak bau mulut. Senyum, sapa, salam adalah wajib. Pakai seragam yang bersih dan rapi,
jangan sekedar pakai kaos oblong dan celana pendek, belum mandi sudah melayani
pelanggan. Kalau ada pilihan toko yang lebih sopan lagi pelayannya , maka
pelanggan pasti pindah.
6. Cetak dan sebar brochure. Design brochure yang simple tapi menarik. Skemanya
bagi yang datang ke toko dengan membawa brochure tsb akan mendapat diskon 10%.
Brochure harus menyebutkan dengan jelas alamat toko, jika ada no telp, lengkapi
dengan foto toko dan beberapa foto produk. Jika produk Anda terkait dengan obat
atau perawatan jelaskan khasiatnya.
7. Unik. Misalnya kalau tempat usaha berupa gerobag roti yang keliling kampong pakai speaker yang volumenya sesuai saja untuk umumkan "teriakan maut" merk dan tagline produk anda. Jika tidak ingin terlalu ribut mengganggu lingkungan bisa gunakan krincing
sebagai tanda kehadiran gerobag Anda. Kerincing ini akan berbunyi terus selama
gerobag Anda jalan. Ini juga sebagai penanda bagi yang
mendengar bahwa gerobag roti Anda sebentar lagi akan sampai ke sana.
8. Jaga hubungan relasi dengan pelanggan. Referensi toko anda dari mulut ke
mulut sesama orang yang sudah dikenal akan lebih efektif dibanding jika anda
yang tawarkan sendiri. Jadi menjaga loyalitas pelanggan lama dengan baik akan
membawa banyak pelanggan pelanggan baru.
9. Datang ke lokasi toko sejenis, misalnya restorant dan pelajari apa yang
ada disana dan diminati oleh pelanggan. Usahakan ada dan harus lebih baik bisa
ditawarkan di toko Anda. Atau bicara dengan para pelanggan dan berpura pura
sebagai tamu toko juga mencoba menyebut nama toko/ brand Anda untuk sekedar
informasi langsung pilihan / alternative toko produk sejenis di target
pelanggan dari produk sejenis
Jadi marketing dan promo bukan melulu cost mahal
untuk pasang iklan di media, pasang banyak billboard danspanduk, sebar ribuan brochure. Banyak cara lain untuk bisnis UKM yang budgetnya lebih rendah
tapi masih efektif untuk bisnis UKM.
SEMANGAT SUKSES ( Mirza A. Muthi )
No comments:
Post a Comment