Saturday, February 4, 2012

BISNIS TUMBUH

Dalam beberapa email konsultasi ada satu garis merah yang akan saya ulas dalam satu judul bahasan yaitu mengenai bisnis tumbuh. Intinya adalah:

1. Mempunyai grand plan sampai sebesar apa skala bisnis di tahap akhir di seluruh area lokasi usaha tersebut.

2. Diawali dengan mengoperasionalkan dulu unit2 usaha utama atau sebagian usaha dengan skala prioritas bisa menarik potensi market di awal usaha dibuka

3. Mengamati pertumbuhan usaha dan segmen pasar yang datang ke tempat usaha untuk menganalisa apa grandplan masih memungkinkan untuk dilanjutkan, atau harus merubah rencana bisnis..

Gambarannya sebagai berikut, misalnya kita punya gedung usaha seluas 2000m2. Tentunya luas yang sangat besar dan cukup besar biayanya jika ingin diwujudkan dalam satu waktu sekaligus untuk memulai usaha.

Dalam bisnis ada namanya tahap "orientasi" dimana kita test pasar dengan produk pertama kita apakah pasar merespon dengan positif atau tidak. Misalnya dalam bisnis "karaoke keluarga" dimana investasi berupa unit unit room karaoke yang di dalamnya terkandung investasi room berperedam suara, interior dekor mulai dari plafond, dinding sampai lantai dan sofa set, audio visual equipment set ,dan karaoke system lengkap yang satu unit roomnya berbiaya minimal 50jt, maka untuk 2000m2 bisa ditest untuk cukup memulai dengan 20 room dulu. Sementara meninggalkan kosong area seluas 1200m2 lagi untuk perluasan segera jika pasar merespon 800m2 area room karaoke ini dengan baik dan sampai waiting list terus dalam 3 minggu terakhir. Berarti dalam kasus ini planning untuk membuat grand karaoke keluarga bisa berjalan dan dilanjutkan membangun unit room karaoke lagi karena pasarnya cukup. 

Jika saja ternyata pasar karaoke keluarga sedang kurang bagus atau kalah bersaing dari karaoke keluarga tetangga, maka coba alihkan sisa 1200m2 ini buat jenis usaha lain yang masih in line dengan karaoke keluarga. Misalnya tambahkan foodcourt area dengan deretan counter counter sewa untuk kuliner. Counter unit ini bisa diisi oleh aneka usaha kuliner dan bisa dikelola oleh masing masing pemilik usaha. Bekerja sama dengan manajemen karaoke dimana pembayaran hanya bisa dilakukan di kasir yang manajemen karaoke sediakan. Dalam kasus ini berarti di spot usahan ini ditambahkan lagi produknya: karaoke keluarga plus aneka makanan minuman harga terjangkau dengan suasana foodcourt. Lebih banyak alasan orang untuk datang ke lokasi usaha anda karena sekarang Anda punya dua produk. Antara karaoke dan foodcourt bisa saling support untuk "sudden buying". Kadang ada tamu karaoke yang dia akan tunggu kawan kawannya sementara makan dulu di foodcourt, atau sebaliknya kadang ada tamu makan di foodcourt mereka sudah kenyang tapi masih ingin menambah waktu pertemuan lalu bisa lebih fun dengan booking room karaoke. 

Memang berubah dari rencana membuka grand karaoke seluas 2000m2 menjadi ditambah fasilitas foodcourt. Tapi itu adalah strategi bisnis. Jika kita dalam 6 bulan sudah mencoba hanya membuka room karaoke seluas 800m2 tapi kurang direspon, kenapa kita harus memaksakan ego untuk terus membuka unit room karaoke lainnya di sisa lahan 1200m2?  Win win benefit untuk kedua jenis bisnis ini.

Atau apa masih perlu "anchor activity" sebagai penarik tamu datang ke kawasan ini. Karaoke room dan foodcourt adalah venue pasif dari sebuah jenis usaha. Menunggu tamu datang untuk transaksi. Baru bersifat positif jika fasilitas ini "digerakan" oleh event yang mengajak tamu datang ke lokasi usaha dengan alasan untuk mengikuti event, apakah sebagai peserta atau sebagai sebagai penonton. Kenapa tidak pikirkan untuk menggunakan 200m2 untuk dijadikan panggung live performance. Lengkapi panggung dengan lighting, sound live performance equipment, sound processor dan tentunya alat alat band. Jadi total 800m2 area unit room karaoke, 200m2 area panggung live performance dan 1000m2 area food court. Di panggung live performance ini band band atau berbagai event bisa tampil untuk memeriahkan suasana, menarik komunitas, membangun komunikasi antar komunitas dan manajemen, akhirnya membangun customer base yang loyal bagi bisnis kita.

Proses penambahan fasilitas dari room karaoke ditambah foodcourt, lalu ditambah lagi panggung bisa "tumbuh bertahap" dengan menganalisa perkembangan bisnis dan trend demand pasar dan tentunya kapan persediaan dana investasi Anda sudah siap. Dengan demikian akhirnya secara bisnis, ketiganya akan sinergi dan membawa keuntungan dari total jenis bisnis di area seluas 2000m2. Itulah gambaran "Bisnis Tumbuh", dalam contoh ini adalah usaha entertainment. Bayangkan kerugian yang akan diterima Anda jika dari awal seluruh 2000m2 lokasi usaha ini Anda langsung buat seluruhnya menjadi unit room karaoke keluarga dan itu gagal karena brand Anda kalah bersaing. Berapa milyar uang Anda akan hilang begitu saja. Unsur kehati hatian adalah penting dalam usaha dan bukan takut memulai usaha. 

Kuncinya adalah harus ada sinergi antara berbagai jenis bisnis yang dibangun di lokasi yang sama agar mereka saling melengkapi, bukan justru saling kanibal satu sama lain. Maka silakan dicoba untuk berbagai rencana usaha Anda..
SEMANGAT SUKSES ( Mirza A. Muthi )

No comments:

Post a Comment