Minggu, 01 Oktober 2017

BATU LONCATAN



Batu ada dimana mana. Dalam hidup, batu adalah kiasan untuk masalah, cobaan, penghalang, atau hal hal lain yang sifatnya adalah pengganggu kita menuju keinginan atau tujuan . Maka sebagaimana batu, itu bisa juga membuat kita tersandung jatuh. Apabila kita sedang berjalan atau berlari lalu tidak melihat batu menghalangi kaki kita, maka kita bisa tersandung jatuh. Dalam kehidupan, kita seringkali mendapatkan masalah. Kadang masalah kita rasakan sedemikian berat sehingga menyurutkan semangat kita untuk melanjutkan misi menuju tujuan.

Lebih memilih tidak mau repot dan berhenti atau menghindar merubah tujuan. Padahal di depan sana pasti akan terjadi lagi menemukan halangan. Halangan tidak akan pernah berhenti ada jika tidak ditaklukan atau hanya sekedar diputari. Makin sering ketemu batu tsb makin lama batu makin "terasa besar", padahal batunya tetap saja sebenarnya kecil. Hanya karena tidak terbiasa meloncatinya maka terasa ukurannya besar.

Pada intinya batu akan menjadi seukuran menurut apa yang kita pikirkan. Bisa saja sebetulnya batunya kecil saja, tapi karena kita menganggapnya sebagi rintangan besar, maka batu kecil jadi batu besar. Dan itu jadi men-sah-kan Anda untuk memjadikannya sebagai alasan untuk Anda tidak melanjutkan misi. Padahal jika Anda ingin menggunakan perbedaan ketinggian permukaan tanah dibawah batu tsb, maka bisa saja batu tadi Anda gunakan sebagai pijakan untuk ancang ancang melompat lebih tinggi. Kita selalu membutuhkan pijakan tinggi untuk meraih tempat yang lebih tinggi lagi. Makin Anda bisa melompati sebuah batu, maka Anda makin terlatih untuk melompati batu berikutnya yang lebih tinggi lebih besar lagi. Makin sering Anda berlatih, makin tinggi kemampuan Anda untuk mengatasi masalah.

Atasi masalah dalam perjalanan hidup Anda, bukan menghindari atau memutarinya. Agar Anda tahu bagaimana cara mengatasi masalah tsb dan Anda bisa mendapat manfaat dan pelajaran dari setiap masalah. Perjalanan hidup Anda bukan berjalan di atas karpet merah dibentangkan dengan orang lain sudah membersihkan batu batuan di jalur jalan Anda. Hidup Anda bagai berjalan di jalan umum yang penuh dengan bebatuan, ada kerikil, batu kecil, ada batu besar. Jangan sampai Anda tersandung salah satu batu tsb dan jatuh lalu berhenti berjalan. Injak batu batu tsb. Kalahkan rasa takut dan khawatir Anda. Kalaupun Anda sempat tersandung atau jatuh, bangkit lagi, jangan menyerah dan kalah dengan batu. Anda tetap butuh batu. Jadikan batu batu tsb sebagai batu loncatan untuk sampai ke posisi yang lebih tinggi lagi dari hari ke hari.


SEMANGAT SUKSES
(Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar