Senin, 01 Oktober 2018

Jurus Sukses Berbisnis Resto/Cafe



Salah satu bisnis UKM untuk pemula yang banyak dijalani adalah kuliner sekelas warung makan, cafe kecil, atau resto. Pertimbangannya tentu saja karena kita semua suka makan. Saat ini makan bukan hanya jadi kebutuhan utama, tapi makan juga sudah jadi wisata kuliner, pelengkap sosialisi, bisa didatangi dengan seluruh keluarga dan yang jelas sangat profitable dijalankan sebagai pilihan bisnis jika benar cara mengelolanya. Nah, dari sisi pelanggan tentu yang diamati dari bisnis kuliner terutama tentang kelezatan cita rasa dan pelayanan. Waktu yang digunakan pelanggan sekitar 30 menit -  mungkin 1 jam untuk makan minum disana harus bisa dinikmati dan berkesan. Tapi bagi pelaku bisnisnya, banyak hal yang harus diperhatikan, bukan hanya dari faktor makanan.

Sebagaimana umumnya bisnis yang sudah penuh dengan persaingan, pengusaha kuliner harus berpikir bagaimana strategi untuk mendatangkan lebih banyak dan lebih banyak lagi pelanggan setiap harinya untuk belanja fnb di warung/ resto Anda dibanding di warung kompetitor Anda. Okelah utamanya Anda harus utamakan kelezatan cita rasa, karena itu daya tarik utama bisnis kuliner. Sejauh rasa makanan Anda secara rata rata masih masuk selera masyarakat penikmat kuliner, maka masih bagus. Apalagi ada beberapa varian menu yang masing masing bisa mengisi kekurangan masing masing. Kalau Anda bukan resto khusus kuliner tertentu coba perbanyak pilihan menu minimal 10 varian total makanan dan minuman dalam buku menu Anda, agar pelanggan juga punya banyak pilihan dalam sekali kunjungan mereka ke warung makan Anda. Ada buku menu standard, yang menampilkan menu yang pasti ada kapanpun pelanggan datang. Tapi juga ada menu spesial minggu ini di lembaran menu yang terpisah dari buku menu standard. 

Cukup 3-5 varian menu yang kita sampaikan "spesial" yang secara produk cukup unik dan kalau perlu harganya lebih tinggi sedikit. Selain bertujuan menambah variasi pilihan, kita perlu test market apakah pasar akan merespond penawaran yang sedikit lebih beda dan apakah pasar punya daya beli. Strategi ini juga untuk mengacaukan pantauan dari kompetitor yang mungkin terus mengamati dan menganalisa bisnis Anda. Lakukan penawaran spesial ini selama seminggu, bahkan jika ingin lebih kelihatan spesial lakukan penggolongan jam pelayanan. Jelaskan di buku menu spesial bahwa menu spesial A + B khusus ada di tanggal 1-7 bulan Oktober di jam 17-19. Lalu di minggu berikutnya tampilkan 2-3 menu berbeda lagi. Bisa dicatat menu menu apa yang direspond paling positif oleh pelanggan, lalu tambahkan menu tsb di buku menu standard. Sebaliknya kurangi satu persatu menu menu yang memang tidak cukup cepat penjualannya. Jangan lupa tampilkan foto foto menu secara menarik dan secara visual bisa langsung  menggugah selera. Akan beda hasilnya buku menu yang dilihat pelanggan dalam 5 detik pertama dengan penuh antusias dibanding buku menu yang begitu dilihat justru bisa menurunkan mood pelanggan untuk order.

Setelah omzet, tentu saja bisnis tanpa ada profit juga tidak ada gunanya. Berarti cost harus dikontrol. Mulai dari cost per porsi menunya juga harus dikontrol dengan cara porsi gram setiap ingredients menunya. Jangan korbankan rasa dengan mengurangi gramasi bumbu tapi bisa diatur gramasi bahan baku utamanya. Misalnya gramasi ayam, ikan, daging yang digunakan. Sepanjang ukurannya wajar pasaran, tidak terlalu sepotong kecil atau terlalu besar juga, makan pelanggan masih bisa terima asal mereka tidak kecewa dengan cita rasanya. Menu spesial tadi diatas juga bisa dalam bentuk menu standard yang laku, lalu dibuat satu porsi jumbo spesial dalam 1 piring yang juga lebih besar dilengkapi dengan toping yang lebih bervariasi dengan harga yang dipersepsikan lebih hemat dibanding membeli porsi reguler. Cost turunan dari cost bahan per porsinya adalah bagaimana membeli bahan baku segarnya dengan harga lebih murah. Misalnya jika ikan bisa dibeli dari pusat dengan kuantiti lebih banyak maka bisa lebih murah, maka lakukan. Dibanding setiap hari harus bolak balik membeli bahan baku pergi ke toko/pasar umum yang harga satuannya lebih mahal. Tentu saja berarti kita harus ada lemari pendingin untuk bisa menyimpan bahan mentah tetap segar untuk jangka waktu lebih lama. Hitung pola peredaran menu tsb kira kira dalam 1 minggu butuh maksimal berapa kg dan belanja sekaligus agar bisa lebih murah tapi masih dalam batas stock aman. Selalu  investasi equipment yang tepat fungsi dan tepat kapasitas bisa menghemat cost jangka panjang. Hindari menumpuk bahan baku yang cepat hilang masa kesegarannya dalam jumlah melebihi kebutuhan. Jika setiap harinya banyak bahan baku yang terbuang maka cost Anda akan jadi sangat boros. Tapi juga jangan paksakan menggunakan bahan baku yang sudah tidak segar untuk disajikan ke pelanggan dengan maksud tidak membuang biaya. Itu bahkan akan menjadi  kesalahan fatal dalam bisnis kuliner.

Jika akhirnya Anda ketemu supplier dengan harga pantas untuk mensupply kebutuhan bahan baku secara rutin sampai ditempat, maka lakukanlah. Bisa menjamin ketersediaan bahan baku segar dengan harga yang relatif stabil adalah hal baik untuk sebuah usaha. Tapi Anda harus juga tertib membayar tagihan supplier. Ingat jangan menunda jadwal pembayaran sampai bertumpuk tumpuk invoice. Ini akan membuat Anda seperti memiliki "untung cash semu". Seperti punya banyak uang cash padahal usaha Anda punya banyak hutang. Jika sudah terlalu besar, akan jadi berat rasanya Anda membayar total tagihan tsb dan menunsa nunda pembayaran ke supplier bisa memperburuk hubungan kerja Anda ke supplier. Jika banyak supplier yang Anda perlakukan seperti itu, maka usaha Anda bisa di blacklist di kalangan supplier dan Anda akan susah berusaha lagi.

Juga jagalah orang orang terbaikmu. Jangan Anda sebagai owner terlalu dalam masuk dalam operasional harian sehingga tidak memberi kesempatan team untuk berkembang dan membentuk team katakter sendiri. Akan jadi stress juga jika Anda terus memberi tekanan kepada team. Kecuali jika Anda bisa menekan sekaligus membangun motivasi sehingga team bisa merespond tekanan dengan sikap positif. Tapi jika Anda bukan seorang owner dengan karakter motivator, setiap tekanan hanya akan direspond team dengan negatif. Karena tekanan yang Anda lakukan hanya dengan marah marah dan main sanksi bahkan pecat. Team yang bekerja dalam tekanan yang tidak mereka pahami maksudnya akan buruk untuk aura bisnis Anda. Seharusnya Anda paparkan jobdesc tiap tiap personel SDM Anda, mengawasi dan berikan tanggung jawab. Kelak Anda bisa amati karakter pribadi pribadi anggota teamwork SDM Anda. 

Tidak ada usaha yang hebat tanpa disupport oleh SDM yang hebat. Hebat bukan berarti karyawan yang terbaik yang bisa didapat di kalangannya, dengan gaji termahal, dengan pendidikan formal tertinggi atau pengalaman terpanjang dimana mana. Pastikan SDM hebat itu adalah karyawan yang paling pas untuk teamwork di bisnis Anda. Karyawan karyawan yang selama ini Anda amati bekerja dengan antusias, paham tugas dan tanggung jawabnya, penuh kesungguhan hati, bisa memberi energi positif pada keseluruhan team, bisa berkomunikasi menyenangkan dengan para tamu dan mau terus belajar. Kewajiban Anda sebagai owner usaha mengamati karakter satu per satu karyawan Anda dan memilah milah, mana karyawan baik yang harus khusus diperhatikan, mana karyawan potensial yang masih bisa dibina dan mana karyawan buruk yang harus diganti. Adil bukan berarti semua karyawan harus digaji sama rata. Mungkin untuk awal perekrutan dan pembantukan team gaji memang standard. Tapi seiring perjalanan bisnis, Anda harus mulai melakukan pembedaan atas dasar keadilan tsb. Bagi karyawan yang memberikan kontribusi lebih pasti harus diperhatikan dan dikompensasikan lebih dibanding lainnya. Daripada karyawan bagus tsb dibajak atau pindah bekerja ke tempat kompetitor Anda. 

Profit besar bisa didapat dari penghematan operasional, misal menghemat penggunaan peralatan listrik atau lampu, menghemat penggunaan tissu misalnya jangan taruh wadah 1 pack plastik tissu di meja, karena pelanggan cenderung mengambil tissu sampai berlembar lembar sehingga ada 5 tamu datang saja bisa bisa habis 1 pack tissu mejam Tapi sajikan sendok garpu dalam kemasan tissu yang sudah dipacking 1 set untuk membatasi penggunaan tissu. Periksa apa lagi yang bisa dihemat pembelian dan penggunaan tanpa harus mengorbankan pelayanan dan aspek mutu produk. Anda harus punya standard fixed cost yang ideal setiap bulannya agar Anda bisa estimasi berapa profit Anda.

Jika profit Anda bagus tapi hutang Anda besar, hati hati dengan cash bruto Anda.  Anda harus bayar semua hutang hutang Anda agar Anda bisa pastikan mendapatkan cash yang nett. Jika cash nett  Anda bagus berarti bisnis Ansa sehat dan profitable. Sesekali berikan surprise kepada pelanggan dengan memberinya hadiah dalam kemasan event makan yang Anda buat. Misal habiskan  menu porsi super Jumbo dalam waktu sekian menit. Jika bisa habis maka menu gratis dan bahkan masih dapat hadiah. Libatkan pelanggan dalam event yang Anda buat. Pelanggan akan senang jika bisa terlibat dalam usaha Anda, bukan dalam arti terlibat sebagai pemegang saham atau modal, tapi terlibat dalam kegiatan kebersamaan antara manajemen dan pelanggan. Semakin erat hubungan antara manajemen dan pelanggan, maka akan semakin baik untuk perusahaan membina loyalitas pelanggan dan memberi nilai tambah bagi keunggulan bersaing dengan kompetitor.

Demikian ulasan dari sebagian  sudut pandang owner atau pengusaha. Masih cukup banyak aspek lainnya yang harus dicermati, tapi memulai usaha sekarang adalah langkah yang paling penting. Jalani prosesnya, pelajari seksama, minta nasihat dan masukan dari mentor usaha, nikmati jatuh bangunnya dan perbaiki terus menerus setiap hari sampai didapati suksesmu berbisnis kuliner. 


SEMANGAT SUKSES 
(Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar