Senin, 01 April 2019

Benahi Dulu Kekuatan Dalam


Saat ini dunia usaha, khususnya bidang marketing pemasaran sedang ramai ramainya mengalami shifting dengan adanya internet dan sosial media. Ditambah dengan adanya aplikasi aplikasi marketing commercial atau market place dunia maya yang kadang latah memicu pelaku bisnis pemula langsung berpikir bagaimana bisa menjual besar dan banyak, kalau bisa go international. Mereka berpikir di hilir, tapi lupa berpikir di hulu, proses service pelayanan  dan proses produksi. 

Bahayanya, setiap informasi produk yang sudah diupload di medsos atau di market place secara instant akan tersebar ke banyak calon buyer potensial. Sekali mereka tertarik dan order, maka sebagai penjual berkewajiban untuk menyelesaikan proses order tsb sampai barang yang dipesan diterima dengan baik dan tepat produk ke tangan pemesan. Bagaimana dampaknya jika ternyata Anda justru tidak siap memproduksi barang pesanan yang dimaksud, atau bisa tapi terlalu lama baru bisa menyiapkan pesanan sampai di tangan pemesan? Tentu akan memberi kesan jika Anda ternyata bukan penjual yang baik dan bisa diandalkan. Lalu buyer menuliskan testimoni di laman penawaran produk Anda dengan nada komplain dan kesan kecewa yang bisa dibaca oleh seluruh dunia. Baru Anda mau melebarkan sayap bisnis, sudah dikomplain dengan cara yang fatal seperti kejadian ini. Jika jaman tahun 90an paling pembeli saja yang komplain dan diketahui hanya oleh keluarga dan teman teman sekitarnya, tapi di jaman internet ini, apapun produk dan pelayanan yang bikin buyer kecewa 2 detik yang lalu, di detik ke 5 informasi komplain ini sudah bisa tersebar ke seluruh dunia.

Maka dibalik semua kemudahan justru harus hati hati dan bijaksana mengantisipasi dampak negatifnya untuk usaha Anda. Jangan terlalu cepat tergiur ingin melebarkan pasar dan menjangkau banyak calon pembeli. Yakinkan dulu sektor produksi Anda, berawal dari supply bahan baku, lalu berapa lama Anda bisa jalankan proses produksi dari bahan baku sampai jadi produk. Seberapa banyak Anda perlu SDM atau mesin produksi dengan spesifikasi tertentu yang Anda harus miliki. Bagaimana kemasan yang kuat dan aman untuk produk tsb melakukan perjalanan selama proses packing dan  pengiriman jarak jauh. Jika itu produk makanan maka perhatikan usia kadaluarsanya.

Lebih baik Anda mulai pelan pelan, layani dulu permintaan sekitar Anda. Lewat prosedur marketing yang konvensional dulu seperti buka konter kecil, ikut bazaar, sebar brochure, sambil mencari opini dan saran saran dari buyer awal Anda. Ya jika tetap ingin menggunakan medsos pribadi untuk membantu penjualan silakan, dengan catatan jumlah maksimal yang bisa dipesan, jangka waktu proses order dan jangkauam pengiriman. Medsos masih dimaklumi sebagai tools pribadi yang wajar diup load apapun hal mengenai pemilik akun dan mayoritas friends atau followernya seharusnya Anda sudah kenal secara pribadi,  sehingga sekedar menginformasikan produk jualan Anda rasanya masih bisa dimaklumi sepanjang Anda yakin bisa memenuhi order awal. 

Sambil berjalan terus perbaiki setiap kekurangan yang Anda tahu berpotensi mengurangi kepuasan konsumen. Jika mereka puas pasti juga akan ada testimoni testimoni yang positif dan referensi ke orang orang terdekat mereka. Perlahan mulai tingkatkan   kapasitas produksi dan tetap jaga kualitas kepuasan konsumen. jika Anda merasa sudah siap masuk ke tahap bisnis selanjutnya, baru lakukan pemasaran secara internet dan daftarkan produk Anda ke Market Place. Karena jika Anda sudah masuk display Market Place berarti Anda sudah mengumumkan siap berbisnis dengan level profesional sebagai pedagang umum. Tidak ada lagi alasan tidak bisa kirim makanan karena istri yang biasa masak sedang sakit, atau tidak bisa kirim produk karena mesin printing sedang rusak dan lagi  diservice, atau tidak ada stock karena kurang modal untuk pengadaan barang, dsb alasan yang seharusnya bukan lagi kendala jika Anda sudah memberanikan diri profesional dan go online di bisnis dagang.

Jadi saran saya, perbaiki dulu urusan kekuatan dalam bisnis Anda sampai Anda yakin jika Anda siap naik ke tahap berikutnya sebagai pedagang online profesional. Jangan cepat ikut ikutan latah menjual dengan channel internet yang nantinya justru akan menjatuhkan nama baik bisnis dan produk Anda sendiri, sehingga bisa dikatakan bisnis Anda layu sebelum berkembang.


SEMANGAT SUKSES 
(Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar