Media Masa adalah media promosi yang
sangat banyak digunakan untuk mempromosikan sebuah produk/jasa. Kelebihan media
ini adalah jumlah Audien/pembaca yang mungkin melihat iklan Anda akan lebih
banyak dan lingkup penyebarannya juga lebih luas sesuai dengan area distribusi
Media massa tersebut.
Sarana promosi yang termasuk golongan
Media Massa Cetak adalah :
- Koran
- Majalah
- Tabloid.
Kalau dilihat dari area penyebarannya,
Media Masa ini terbagi dalam beberapa kategori sebagai berikut :
- Media Massa Internasional
- Media Massa Nasional
- Media Massa lokal
- Media Massa Kawasan
- Media Komunitas
Contoh Media Masa yang diedarkan secara Internasional adalah TIMES. Kalo yang
penyebarannya Nasional adalah KOMPAS, TEMPO dan REPUBLIKA. Media yang diedarkan secara lokal contohnya adalah
POSKOTA, INDOPOS, BALI POS & RADAR LAMPUNG. Sedangkan Media Massa yang
penyebarannya hanya di wilayah/area yang kecil dan sering disebut Media
Kawasan, contohnya adalah majalah KICAU (majalah khusus penghuni perumahan Bintaro
Jakarta Selatan). Dengan berkembangnya arus informasi, saat ini media yang
hanya terbit di kawasan tertentu seperti kawasan Bintaro, Cempaka Putih, Pondok
Indah dll sudah mulai banyak bermunculan. Media ini sering disebut “Media
Kawasan”. Bahkan koran, majalah & Tabloid yang diedarkan secara gratispun
saat ini juga sudah mulai bermunculan. Yang disebut sebagai Media Komunitas
adalah media yang fokusnya hanya pada lingkup yang lebih terbatas & sangat
khusus. Biasanya Media Komunitas ini merupakan sarana berkomunikasi sekumpulan
orang atau organisasi yang memiliki hoby khusus seperti Club Menyelam, Club
mobil Jeep, Club Sepeda Motor, Club perhotelan/Traveling, dll.
Hati-hati dalam
memilih Media Masa mana yang akan dijadikan tempat Anda beriklan. Kalau target
konsumen Anda hanya di lingkup daerah sekitar Anda, maka gunakanlah
koran/majalah lokal atau kawasan. Sedangkan kalau produk Anda dijual secara
Nasional dan jaringan penjualan Andapun sudah ada dibanyak daerah, maka gunakan
koran/majalah Nasional. Biasanya tarif iklan di koran lokal lebih murah
dibandingkan dengan koran Nasional. Tarif yang digunakan media koran umumnya
menggunakan satuan “milimeter kolom”. Untuk iklan berwarna harganya lebih mahal
dibandingkan dengan yang hitam-putih. Oleh sebab itu kalau iklan produk Anda
memang memungkinkan untuk dicetak hitam-putih maka tidak perlu dicetak berwarna
supaya anggaran promosi bisa dihemat dan lebih efektif. Selain itu kalau
jaringan penjualan anda belum sampai ke daerah-daerah, maka jangan gunakan Media
Massa yang peredarannya secara Nasional.
Bila produk Anda
memungkinkan untuk di-"Barter" dengan iklan di Media, maka jangan
ragu untuk menawarkan (Negosiasi) dengan Media tersebut. Karena dengan
melakukan barter iklan, maka Kita akan mendapat keuntungan ganda. Pertama Anda
bisa mempublikasikan produk kita di Media sebagai iklan, dan yang kedua adalah
Anda bisa memberikan Sampel produk kita sehingga jumlah orang yang mengetahui
produk kita akan lebih banyak. Jadi Hitung-hitung jualan produk Anda juga
kan.....?
Selain itu mintalah
kepada Media tersebut untuk membantu memuat berita mengenai produk Anda atau
profil bisnis Anda. Biasanya kalau Kita sudah berlangganan iklan di sebuah
Media, maka Media tersebut bisa lebih terbuka terhadap penawaran kita. Coba
saja kalo tidak percaya.......
No comments:
Post a Comment