Friday, February 17, 2012

SINERGI,MEMBANGUN KEUNIKAN USAHA


Di poster terlampir diperlihatkan visualisasi sinergi antara businessman yang berjas dan memegang laptop dengan pemusik yang memegang gitar. Businessman memikirkan konsep bisnis yang berhubungan dengan musik live dan guitarman mengaplikasi musiknya dan meng-aware business konsep ini di kalangan pelaku musik. Konsep bisnis baru ini bisa diwujudkan dengan bersinergi lagi dengan pihak investor. Jadi ada 3 pihak yang bersinergi dalam "Mus1c One", brand baru di bisnis industri dan hiburan musik keluarga. 

Kenapa perlu bersinergi? Tidak semua orang beruntung memiliki semua potensi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha. Misalnya ada seseorang sudah pintar membuat konsep, dia juga seorang seniman gitar, sekaligus orang kaya yang punya uang cukup untuk mewujudkan sebuah konsep usaha. Yang lebih banyak adalah seorang konseptor yang bermimpi untuk menjadikan konsepnya berwujud, atau mimpi seorang artist menjadi pengusaha, atau mimpi seorang kaya memiliki usaha jenis baru yang belum pernah dia punya. Maka bersinergi dengan partner yang tepat akan membantu kita mewujudkan "mimpi" itu. 

Jika Anda dari sisi pembuat konsep bisnis, bagaimana kita menentukan calon partner untuk bersinergi?

1. Definisikan dahulu apa kebutuhan bisnis kita. Kebutuhan partner ada yang spesifik, yaitu hanya bisa dipenuhi oleh profile tertentu, dan ada kebutuhan umum. Keduanya sama  penting hanya masalah urgensi mana partner yang perlu ditemukan lebih dahulu. Jika kita butuh mengumpulkan komunitas pelaku musik untuk menjalankan bisnis melalui panggung live music untuk menarik tamu. Maka kita membutuhkan pelaku musik aktif yang masih memiliki fans. Seringkali kita namakan partner ini sebagai ICON. Setelah dapat Icon, baru kita presentasikan konsep bisnis ini ke hadapan calon partner investor

2. .Cari kesamaan dalam visi misi. Dalam sesi kita mempresentasikan konsep bisnis ke hadapan partner. Dalam bisnis ada visi misi yang ingin dituju sebagai tujuan dan program program apa saja yang akan dilakukan dalam upaya menuju tujuan tsb. Dalam komunikasi 2 arah antara Anda dan calon partner pasti Anda akan bisa merasakan aura dari calon partner. Apakah responnya positif atau negatif. Sepanjang respon positif dan searah lebih banyak prosentasenya daripada respon negatif, maka kemungkinan besar kita hampir menemukan partner yang cocok. Teruslah searching dari beberapa alternatif partner Icon dan investor yang paling nyaman untuk Anda.

3. Bangun keunikan dalam proposal bisnis. Dalam mempresentasikan bisnis kepada beberapa pihak, utamakan membangun keunikan. Jika Anda membangun usaha dengan 100% usaha sendiri dan uang sendiri, maka mungkin Anda tidak perlu membuat keunikan, karena Anda tidak perlu membuat pihak lain tertarik dengan proposal Anda. Anda yang memutuskan usaha ini akan dilaksanakan atau tidak. Keunikan usaha, selain memberikan daya tarik buat mitra usaha sekaligus juga akan memberikan competitive advantage pada usaha Anda, juga memberikan daya tarik product Anda dimata konsumen. Jelas bukan?

4. Tentukan porsi hak dan kewajiban para pihak dalam perjanjian kemitraan/kerjasama. Sesuai dengan kapabilitasnya masing masing pihak yang jelas bahwa setiap pihak memiliki tanggung jawab yang spesifik. Misalnya untuk artist ICON bertugas untuk menarik komunitas pemusik dan penikmat musik. Membuat program musik yang akan disajikan ke tamu outlet. Tugas bagi konseptor adalah membuat konsep bisnis, dari SOP, konsep marketing, konsep bersaing dan konsep mantain pelanggan. Sedangkan tugas dari investor adalah menyediakan dana yang dibutuhkan untuk bisnis ini. Sebagai kompensasinya bagi semua pihak yang bersinergi dalam bisnis ini tentunya adalah sharing profit sesuai komposisi yang disepakati bersama. Perjanjian kemitraan sinergi ini bisa dituangkan secara resmi dalam bentuk CV, PT agar tercatat secara legal. 

Jadi jelas bahwa memiliki bisnis sendiri tidak semata harus mutlak memiliki uang sendiri, bersinergilah dengan pihak pihak yang kompeten dan direncanakan matang. Bahkan di poster seakan digambarkan bahwa sinergi ini akan "membangkitkan naga baru".. Semoga naga baru ini akan berjaya.
SEMANGAT SUKSES ( Mirza A. Muthi )

No comments:

Post a Comment