Saturday, July 5, 2014

PERBAIKI PROSES BERPIKIR ANDA UNTUK SELALU RESPON POSITIF

Anda merasa selalu hidup dalam kegagalan,  kekecewaan,sedih yang mendalam? Maka  rubahlah cara berpikir, itu langkah pertama agar hidup Anda bisa berubah lebih menyenangkan, lebih berguna dan lebih bisa bersyukur. Sebelum Anda merubah tindakan justru harus bisa merubah mindset dulu. Mindset adalah software otak Anda. Respon yang  keluar dari output proses berpikir Anda terhadap sebuah informasi input. Otak selalu melakukan proses. Bagaimana menerima input, lalu seketika software mengolahnya sebagai sebuah data, menghasilkan output. Maka output yang keluar akan tergantung bagaimana software mengolah.

Anda harus mem-program software seperti apa yang seharusnya, bukan yang apa adanya. Jika Anda ingin output respon yang bagus dan positif maka gunakan software cara memproses input yang positif dan produktif. Software otak kita ini memang sudah kita miliki dari lahir, hanya saja dalam perjalanan hidup kita bisa mengalami upgrade atau bahkan mungkin lebih banyak yang downgrade sesuai input input data yang kita terima.
Hanya software otak manusia bisa terus membaharui programnya justru dari input input yang diterimanya, tapi sekaligus  bisa memilih mana yang harus dipakai dan mana yang bisa dibuang. Software otak manusia terbentuk dengan pengaruh keluarga, lingkungan, input yang diterima, teladan, pengalaman hidup, bacaan, guru dll. Input itu pada akhirnya dirasakan sebagai rasa kegembiraan dan kecewaan yang mengeluarkan output bahagia dan sedih. yang pada akhirnya bisa merubah hidup dari respon yang kita ambil.

Kebanyakan tindakan yang kita lakukan dan pilihan yang kita ambil selalu berdasarkan perasaan bahagia, sedih, optimis, yakin, rendah diri,dll. Maka jika Anda ingin jadi orang yang berhasil, Anda harus bisa merubah sebagian besar  input yang diterima agar outputnya hanya rasa senang, optimis  atau bersyukur saja. Semakin banyak proses berpikir Anda menghasilkan output kesedihan maka kemungkinan Anda kurang bahagia menjalani hidup akan makin besar .

Bagi sebagian manusia membiarkan virus kecewa, sakit hati, marah, dendam di dalam  software otaknya akan membuatnya selalu mengambil sisi negatif dari setiap pertanyaan. Padahal cara kita merespon pertanyaan akan menentukan sikap kita mengambil pilihan dalam hidup. Memang hidup tidak selalu mudah dan baik baik saja. Hidup bisa saja membenamkanmu sampai terbenam dalam kegelapan, tapi mindset yang optimis, positif bisa  memperbaiki arah pengambilan keputusan atas sebuah kejadian atau situasi.

Maka apapun input yang masuk dalam otak Anda, jika software  yang Anda pilih untuk memprosesnya hanya program yang  positif, maka output akan positif. Jadi perbaiki cara pandang hidup, olah setiap input data dalam otak Anda secara positif dan be-respond-lah hanya yang membawa kebaikan bagi Anda.

SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

No comments:

Post a Comment