Monday, August 1, 2016

JANGAN MENUNDA TAPI MEMPERBAIKI

Seberapa jauh Anda yakin bahwa usaha yang dilakukan akan sepenuhnya berhasil sesuai rencana dan target Anda? 50% atau 150% alias pasti yakin? Optimis sangat penting untuk memacu Anda memulai setiap rencana dengan segera. Terlalu banyak berpikir resiko menyebabkan rencana tidak jadi action. Tapi lebih banyak lagi yang memilih menunda action sampai setahun, dua tahun, lima tahun, sampai sudah kehabisan energi, kehabisan waktu, sampai tidak ada lagi kemungkinan perubahan atau perbaikan hidup apa apa terjadi dalam hudupnya.

Jalankan dulu rencana Anda. Setahap demi setahap. Menunda bukan kebiasaan yang baik dan bisa menunda keberhasilan datang. Mulai dengan keyakinan. Tapi keyakinan jangan juga terlalu besar membuat Anda membabi buta dan  kehilangan kewaspadaan. Bahwa selalu ada kemungkinan kenyataan tidak sesuai rencana. Karena setiap rencana selalu ada kemungkinan tidak terlaksana ideal seperti yang kita mau, maka siapkan juga plan B dan mental Anda. Terpenting adalah mindset dan sikap positif.

Jangan anggap apa yang tidak tercapai atau tidak sesuai target sebagai sebuah kegagalan. Anda sudah bisa disebut hebat dengan berani memulai action sebuah rencana. Jika sesuatu berjalan tidak ideal menurut Anda, jangan lantas merasa gagal karena itu akan membuat mental down dan seperti semua sia sia. Tidak ada yang percuma, Anda sudah belajar. Allah SWT tahu apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan. Ambil sudut pandang positif, bahwa Anda jadi tahu satu cara yang salah yang harus diperbaiki lain kali. Tapi Anda sudah tahu lebih banyak cara yang lebih baik.

Dengan menjaga mental tetap tenang, tidak down, tetap bersyukur, maka Anda tidak akan stress dan bisa berpikir jernih. Bahwa besok masih ada kesempatan selama saat ini tidak putus asa.  Dan jangan lupa, kadang kesalahan justru bisa membawa arah pikiran baru yang bisa jadi petunjuk untuk ide yang lebih baik dari rencana semula. Kenapa tidak? Waktu adalah hal yang paling berharga dan tidak ternilai. Jika Anda bisa membeli waktu pasti akan beli untuk perbaiki kesalahan masa lalu agar semua di saat ini tetap baik baik saja sesuai keinginan Anda. Tapu toh Anda tidak bisa membeli waktu.  Kemajuan hidup harus terus bergerak karena waktu terus berjalan sedangkan umur sudah ada jatahnya dan sayangnya kita tidak tahu berapa batas umur kita.

Maka untuk alasan tsb sebaiknya kita jangan sering menunda. Harus manfaatkan waktu yang terbatas ini dan ambil kesempatan. Jangan terlalu takut dengan resiko kesalahan. Karena tidak pernah ada zero mistake di langkah pertama kita. Tapi jika kita tidak pernah mencoba dan memulai, maka di benak kita hanya ada teori teori salah benar tanpa kita pernah buktikan. Karena kesalahan niscaya pasti terjadi walaupun sudah sebaik mungkin kita rencanakan. Tapi setiap kesalahan bisa kita perbaiki jika kita sudah mengalami menjalankannya. SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)



No comments:

Post a Comment