Saturday, June 1, 2019

Peluang atau Godaan?



Jika suatu hari nanti Anda dapat tawaran untuk memulai membuka usaha, bagaimana menyikapinya? Ambil sebagai peluang atau lewati saja anggap hanya godaan. Itu tergantung bagaimana latar belakang Anda , seberapa puas Anda dengan keadaan saat ini dan bagaimana masa depan yang Anda inginkan. 
Misal jika saja latar belakang keluarga Anda datang dari kalangan karyawan kantoran, lalu Anda saat ini sedang jadi karyawan dengan gaji bulanan yang tetap dan aman dan Anda cukup puas dengan kondisi keuangan Anda saat ini, mungkin Anda akan menganggap tawaran ini sebagai cobaan saja, dan kemungkinan akan Anda lewatkan. 

Tapi jika mungkin saat ini Anda sedang kurang puas dengan kondisi Anda. Secara financial selalu kurang, secara mental tidak positif karena banyak konflik di kantor, ingin ada perubahan nyata dari situasi dan kondisi saat ini, pasti mulai melihat tawaran ini sebagai peluang. Jadi peluang atau godaan bisa tergantung dari situsi dan kondisi Anda saat ini.

Tapi bagi mereka yang menganggap tawaran sebagai peluang, saya sarankan juga untuk mulai membuat checklist bagaimana kesiapan dan kemampuan Anda mengelola peluang tsb agar menjadi bisnis dan keuntungan. Apakah Anda pelaku yang tepat, memiliki passion yang kuat untuk bidang ini, memiliki latar belakang pengetahuan, informasi dan pengalaman yang cukup. Jikapun Anda sendiri tidak punya, mungkin Anda tahu rekan yang pas yang bisa diajak  bermitra atau bekerjasama atau paling tidak bisa menjadi mentor usaha baru Anda. Kebanyakan pelaku usaha pemula bisa saja mudah  memulai usaha baru, tapi tidak banyak yang punya deteriminasi dan daya tahan untuk tetap gigih menjalani jatuh bangun dunia usaha.
Jika Anda memiliki mitra dan mentor, Anda akan punya banyak saran, pertimbangan dan bantuan untuk menjalani usaha tsb.

Yang pasti di garis finishnya, jika Anda berhasil mewujudkan mimpi sebagai pengusaha sukses, maka kebebasan financial, kebebasan waktu dan mungkin Anda sudah membuka lapangan kerja bagi beberapa keluarga. Miliki usaha sendiri maka terbuka kesempatan bagi Anda untuk membesarkan usaha Anda sampai ke skala yang Anda inginkan. Apakah misalnya cukup satu toko saja, atau punya beberapa toko. Atau bahkan membuka jaringan toko tsb dengan konsep business opportunity atau franchise. Anda yang menentukan limitnya berdasarkan passion Anda selama ikut turun langsung menangani usaha. Tapi usaha kecil, menengah atau besar, Anda sudah jadi boss atas kerja dan bisnis Anda sendiri. Semuanya terserah Anda.

Bagaimana Anda merencanakan hidup Anda di 5 tahun ke depan, memulainya bisa dari sekarang. Kesempatan mungkin tidak datang beberapa kali dalam hidup Anda, tapi kesempatan terbaik yang bisa jadi peluang usaha mungkin tidak akan banyak menghampiri Anda. Tapi kesempatan baru bisa jadi peluang jika Anda punya persiapan atau Anda berani mengusahakan hal tsb terwujud dengan menghubungkan potensi dan skill yang bisa Anda temui di sekeliling dan jaringan Anda. Jangan sampai baru nanti kesuksesan orang lain suatu saat menggoda Anda, padahal dulu Anda pernah berpikir akan mengambil kesempatan ini dimasa lalu.


SEMANGAT SUKSES
(Mirza A.Muthi)

No comments:

Post a Comment