Saturday, April 3, 2010

William Soerjadjaja Bangun Usaha Dari Pedagang Kecil


Jakarta - William Soerjadjaja sebagai pendiri perusahaan besar yaitu PT Astra Internasional Tbk, memulai usahanya dengan menjadi pedagang kecil. Pria kelahiran Majalengka, 20 Desember 1923 ini pernah menjalani usaha berdagang minyak goreng dan kacang. Demikian disampaikan oleh Presiden Direktur Indomobil Group Gunadi Sindhuwinata kepada detikFinance, Sabtu (3/4/2010).
"Beliau mulai usahanya setahu saya juga dari pedagang kecil. Beliau adalah sosok pengusaha tangguh yang berhasil membangun usahanya lewat otomotif secara utuh," jelasnya. Dari menjadi pedagang kecil tersebut, saat ini Astra berhasil membawahi sekitar 300 perusahaan. Bahkan saat ini nilai kapitalisasi sahamnya di pasar modal menjadi yang tertinggi, yaitu 169,626 triliun.
Di bidang otomotif, Gunadi mengatakan, pria yang akrab disapa Om Willem ini merupakan sosok tangguh dalam membangun otomotif. Telihat dari caranya membangun Astra sejak tahun 1957.
"Bukan hanya bisnisnya saja tapi setahu saya memanfaatkan profesional untuk membangun industri otomotif dengan pendekatan SDM dan management yang baik, melalui ini maka sedikit banyak bisnis otomotifnya ditopang oleh kemampuan membangun industri penunjang maupun juga kader engineering yang baik," jelasnya.
Di luar bisnisnya, Gunadi mengatakan Om Willem adalah sosok yang dermawan dan religius. "Paling tidak dua kepribadian ini saja sudah melengkapi sosok konglomerat yang berhasil di negeri kita maupun pada saatnya dulu juga di luar negeri," katanya.
Om Willem telah meninggal di RS Medistra, Jumat (2/4/2010) malam karena sakit. Jenazah disemayamkan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat mulai hari ini sampai Senin (5/4/2010). Oom Willem dikenal taipan panutan yang tulus mencintai bangsanya. Om Willem meninggalkan 1 Istri dan 4 orang anaknya. (dnl/dnl)
( materi disadur dari detik.com )
Kini sepeninggalan Om Willem, pelajaran yang bisa kita terima dari beliau tidak pernah akan berhenti. Orang-orang seperti Om Willem ini adalah sumber inspirasi bahwa jangan pernah bermimpi unuk mempunyai usaha besar asalkan segera memulai. Kalau mimpi jadi pengusaha tapi Anda tidak pernah berani untuk memulai baru itu namanya mimpi di siang bolong.  Jangan lupa jika sudah berhasil, sikap kedermawanan dan sikap religius juga akan membawa Anda ke depan gerbang keberhasilan paripurna dalam menjalani hidup. Manfaat dunia dan manfaat akhirat. Amin.  .
SEMANGAT SUKSES – (Mirza A.M)



No comments:

Post a Comment