Pada artikel bulan Mei 2010 Saya telah
membahas sarana promosi yang paling umum yaitu Brosur. Di tulisan kali ini akan
saya lanjutkan pembahasan mengenai sarana promosi lainnya yang tak kalah
popular yaitu KATALOG PRODUK, FLYER/SELEBARAN & POTER.
1. KATALOG.
Bila produk yang ingin Anda promosikan
jumlahnya banyak dan ingin sekaligus di-expose bersama-sama, maka disarankan untuk membuat Katalog. Karena produk yang
dipromosikan dalam katalog ini jumlahnya banyak, maka biasanya cetakannya
disatukan dalam bentuk buku atau majalah sederhana. Katalog ini biasanya dipakai oleh Supermarket seperti,
produsen pakaian jadi, alat-alat kosmetika, produsen elektronika dan
sebagainya. Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk
mana yang sesuai dengan keinginannya.
2. FLYER/SELEBARAN.
Selebaran/flyer Adalah bentuk sederhana
dari brosur. Yang membedakannya dengan brosur adalah isi atau tema yang ada
dalam disainnya. Brosur biasanya hanya menonjolkan kelebihan utama sebuah
produk. Sedangkan selebaran/flyer biasanya berisi tentang program khusus yang sifatnya sementara (temporary). Jadi bila Anda sedang
melakukan program cuci gudang, program berhadiah atau memberikan diskon khusus,
maka buatlah flyer. Selebaran/flyer biasanya menggunakan kertas cetakan
yang lebih murah karena memang sifatnya yang harus segera disebarkan kepada
banyak orang dalam waktu tertentu dan hanya selama program berlangsung.
3. POSTER.
Secara fisik poster biasanya lebih besar
ukurannya dibandingkan dengan brosur, katalog atau flyer. Poster mempunyai
fungsi hampir seperti ketiga jenis media cetakan di atas. Dia bisa berfungsi
seperti brosur, yaitu menampilkan keunggulan utama dari sebuah produk. Tapi tampilan
pada poster biasanya lebih sederhana. Kalimat-kalimat panjang yang biasanya
digunakan pada brosur untuk menjelaskan keunggulan produk biasanya tidak ada
pada poster. Poster biasanya akan banyak menggunakan visual/ilustrasi gambar
untuk menonjolkan produk bersangkutan.
Poster juga bisa berfungsi seperti
layaknya katalog. Jumlah halaman yang berlembar-lembar pada katalog bisa
disatukan menjadi satu halaman besar berbentuk poster yang meng-expose seluruh produk.
Poster juga bisa berfungsi untuk mempublikasikan
suatu program penjualan khusus seperti layaknya flyer. Hanya saja kalau flyer bisa langsung dibagikan kepada khalayak
umum satu-persatu, sedangkan poster biasanya ditempel pada dinding yang bisa
dilihat oleh orang banyak.
(http://purwanto89.blogspot.com)
No comments:
Post a Comment