Kegiatan Promosi
itu didunia marketing terbagi dalam dua hal kalau dilihat
dari Media yang digunakan, yaitu :
1. Above the Line (ATL) iklan TV, Radio, Koran, BIllboard atau
2. Below The Line (BTL) pameran, event, dsb.
Tapi Kalau dilihat goal atau target dari promosi itu, secara singkat bisa
dikelompokan menjadi 4 hal:

2. Product promotion
(promosi) : biasanya pada kondisi ini bentuknya
adalah mempromosikan jenis produk baru yang ditawarkan ke konsumen. Contohnya
adalah iklan-iklan Koran, radio atau TV yang menyebutkan langsung jenis atau
nama produk yang dijual, merek dan kelebihannya. Iklan ini merupakan iklan umum
yang paling sering dilihat sehari-hari.
3. Recall/Reminding
(Pengingat) : promosi disini di targetkan terhadap
produk yang sudah keluar di pasaran dalam kurun beberapa waktu yg lalu. Jadi
awareness konsumen disadarkan kembali (diingatkan kembali) terhadap produk yang
kita jual. Jenis ini bisa menggunakan pola media yg sudah kita pake pada
point 2. Jadi penekanannya hanya mengingatkan atas produk kita di pasaran.
Iklan jenis ini banyak digunakan oleh merek yang sudah besar seperti Coca-cola,
Mc. Donald, Sprite, Bodrex, dll.
4. Penetrate (memperdalam)
: promosi ini yang biasanya digunakan para produsen
untuk merubah pola konsumsi konsumennya. Maksudnya begini, sebagai contoh iklan
pasta gigi. Merek apa saja, tapi Pepsodent contoh gampang. Menurut dokter gigi
penggunaan pasta gigi itu sebenarnya cukup hanya seujung sikat gigi-nya saja
(sekitar 1 Cm). Namun pesan yg diberikan oleh Pepsodent adalah memberikan
contoh dengan mengoleskan pasta giginya sepenuh sikat giginya. Secara tidak
langsung otak kognitif kita disadarkan bahwa setiap membersihkan gigi berarti
harus menggunakan pasta giginya sepenuh sikat giginya, artinya produsen
merangsang konsumen untuk menggunakan sebanyak-banyaknya. Walaupun dari manfaat
yg dilihat tidak ada bedanya pakai sedikit atau banyak. Hal seperti ini juga
dipakai oleh produsen Shampoo Rambut yang menganjurkan pemakaian setiap hari.
Pesan yang Mereka pakai adalah “Aman digunakan setiap hari….”. Jadi fungsinya
adalah agar konsumen lebih banyak dan sering menggunakan produk tersebut. ( http://purwanto89.blogspot.com/ )
No comments:
Post a Comment