Saturday, March 5, 2011

PEMASARAN UKM

Dari beberapa pertanyaan ada kesamaan mengenai inti masalah yaitu  Bagaimana mengenai aplikasi pemasaran dan marketing untuk bisnis UKM yang budget promosinya terbatas. UKM ini misalnya toko yang dibuka di ruko 1 lantai, gerobak dorong, atau bahkan kios pinggir jalan, atau diasongkan keliling kel;iling kawasan Pemasaran dalam suatu usaha, termasuk juga bisnis UKM tersebut di atas pasti tetap butuh pemasaran. Untuk UKM yang pasti budget pemasarannya memang terbatas, tapi tetap ada taktik efesien dan efektif yang bisa dilakukan. Tapi yang perlu diperhatikan di awal adalah pastikan bahwa produk anda memang dibutuhkan oleh pasar sekitar outlet. Selebihnya seperti persaingan, service, bisa diperbaiki terus sambil bisnis berjalan.

Pemasaran untuk UKM bisa dimulai dari hal hal marketing yang sangat dasar, tapi innovatif. Coba disimak :


1. Brand: gunakan brand yang catchy, bisa juga terdengar "nyeleneh" agar pasar juga cepat aware  dengan hadirnya toko anda. Juga thematik in line dengan produk yang dijual. Brand yang unik akan diingat lebih lama daripada nama brand yang pasaran. Apalagi disekitar banyak toko pesaing. Pasang banner  logo Brand ini di depan took dengan ukuran yang lumayan terlihat dsn fontnya bisa jelas dibaca. Logo brand jangan dibuat mengejar estetika pemilik brand tapi jadi susah dibaca orang umum. Logo Brand sebaiknya simple, gampang dibaca sekilas dan langsung diingat orang karena namanya unik, bentuk estetikanya pas dan komposisi warnanya menarik Logo Brand juga dipasang di brochure promo, kemasan produk, seragam penjaga toko, bahkan di souvenir souvenir misalnya. 


2. Outlet/Toko:, catnya berwarna terang agar markingnya jelas. Kalau bisa gunakan color identity sesuai warna logo agar in line dengan logo brandnya. Kalau itu berupa gerobag dorong, maka cat gerobag dengan warna terang atau digambar body gerobagnya secara menarik. Walaupun sudah  malam jaga agar lampu signboard brand toko anda tetap terang, agar jika malam ada orang yang lewat depan toko tapi toko sudah tutup tapi sempat muncul keinginan untuk datang besok harinya. Sign board juga memuat gambaran produk yang anda jual juga no telp yang bisa dihubungi . Dan ingat lampu penerangan harus terang agar terpancar energy produktif untuk toko Anda. Toko yang gelap, kusam , tidak terawat membuat orang malas berkunjung apalagi melakukan transaksi.


3. Buat bonus menarik yang murah. Misalnya warung makan pecel lele: untuk pesan 2 porsi lele dapat teh botol gratis. Untuk toko galon aqua atau gas tambahkan beberapa bungkus supermi. dan lainnya. Promo promo paket seperti di toko toko retail modern di Mall mall juga tidak tabu untuk dibawa ke toko toko kecil pinggir jalan. Bahkan bagi kalangan segmen mid below penawaran paket promo lebih hemat ini sangat berarti bagi mereka karena mereka segmen pasar yang peka harga


4. Care kepada pelanggan. Yang juga membedakan satu toko dengan toko lain sejenis adalah perhatiannya. Misalnya toko jual pulsa, selama proses input pulsa ke hp sediakan 1 cup mineral water dan permen untuk yang mengisi pulsa atau membeli assesories hp. Tawarkan jasa kita untuk membantu mengisikan pulsa fisik di hp mereka. Untuk toko bangunan, beri pertimbangan kepada pembeli cat tembok sebagai konsultasi, bukan hanya sekedar jual beli padahal kita tahu cat yang kita jual ke pembeli sebetulnya tidak cocok atau terlalu mahal...


5. Performance. Ini yang sering dilupakan di toko toko kecil. Walaupun hanya jualan di toko kecil, selalu jaga penampilan yang terbaik. Wajah segar, rambut disisir rapi, tidak bau badan dan tidak bau mulut. Senyum, sapa, salam adalah wajib. Pakai seragam yang bersih dan rapi, jangan sekedar pakai kaos oblong dan celana pendek, belum mandi sudah melayani pelanggan. Kalau ada pilihan toko yang lebih sopan lagi pelayannya , maka pelanggan pasti pindah.


6. Cetak dan sebar brochure. Design brochure yang simple tapi menarik. Skemanya bagi yang datang ke toko dengan membawa brochure tsb akan mendapat diskon 10%. Brochure harus menyebutkan dengan jelas alamat toko, jika ada no telp, lengkapi dengan foto toko dan beberapa foto produk. Jika produk Anda terkait dengan obat atau perawatan jelaskan khasiatnya.


7. Unik. Misalnya kalau tempat usaha berupa gerobag roti yang keliling kampong pakai speaker yang volumenya sesuai saja untuk umumkan "teriakan maut" merk dan tagline produk anda. Jika tidak ingin terlalu ribut mengganggu lingkungan bisa gunakan krincing sebagai tanda kehadiran gerobag Anda. Kerincing ini akan berbunyi terus selama gerobag Anda jalan. Ini juga sebagai penanda bagi yang mendengar bahwa gerobag roti Anda sebentar lagi akan sampai ke sana.


8. Jaga hubungan relasi dengan pelanggan. Referensi toko anda dari mulut ke mulut sesama orang yang sudah dikenal akan lebih efektif dibanding jika anda yang tawarkan sendiri. Jadi menjaga loyalitas pelanggan lama dengan baik akan membawa banyak pelanggan pelanggan baru.


9. Datang ke lokasi toko sejenis, misalnya restorant dan pelajari apa yang ada disana dan diminati oleh pelanggan. Usahakan ada dan harus lebih baik bisa ditawarkan di toko Anda. Atau bicara dengan para pelanggan dan berpura pura sebagai tamu toko juga mencoba menyebut nama toko/ brand Anda untuk sekedar informasi langsung pilihan / alternative toko produk sejenis di target pelanggan dari produk sejenis

Jadi marketing dan promo bukan melulu cost mahal untuk pasang iklan di media, pasang banyak  billboard danspanduk, sebar ribuan brochure. Banyak cara lain untuk bisnis UKM yang budgetnya lebih rendah tapi masih efektif untuk bisnis UKM.
 

SEMANGAT SUKSES ( Mirza A. Muthi )


No comments:

Post a Comment