Saturday, January 7, 2012

SEBERAPA EFEKTIF SOCIAL MEDIA DALAM PEMASARAN UKM ?

Brochure yang merupakan marketing tools konvensional yang sering dipakai oleh usaha UKM baru untuk strategi shower marketing pada awal pembukaan usaha  di zaman sekarang ini mulai dipertanyakan efektifitasnya. Kalau brochure tsb tidak menampilkan anchor, apakah itu foto yang betul betul "menggoda" atau judul yang betul betul "menggugah", atau bonus berupa potongan kupon free, atau bisa ditukar dengan barang tertentu secara gratis, maka nasib selembar brochure bisa dipastikan hanya berumur 5 detik. Setelah diterima, dibaca 5 detik, lalu langsung masuk tong sampah. Spanduk, umbul umbul, sudah bayar pajak pula lalu waktu tayangnya cuma 1-2 minggu. Itupun kalau selamat tidak sampai dicopot atau diambil orang dalam 3 hari karena dipasang di tempat umum.. Mau pasang iklan TV ? Jangankan TV, iklan radio dan majalahpun masih dirasakan mahal untuk pelaku bisnis UKM.

Sebelum mulai dilakukan tahapan program marketing terapan untuk mencapai brand awareness dengan menggunakan basis event atau strategi terapan lain yang membutuhkan usaha lebih besar, bagi usaha kecil menengah yang terbatas budget pasti mencari kemungkinan lain untuk bisa melakukan panetrasi pasar dengan cara lebih murah tapi cukup efektif. Cara marketing sederhana yang tetap bisa menjangkau target pasar luas dan mudah dikerjakan juga murah. 

Manfaatkan Generasi On Line.
Saat ini, bahkan di kalangan mahasiswa, pedagang, hampir semua kalangan umum sudah menggunakan Blackberry atau smartphone lain. Khas orang Indonesia, sekedar mengejar standard lifestyle walaupun kadang belum terlalu perlu sesuai kebutuhan atau bisa dicicil yang penting punya. Tapi terlepas dari itu kepemilikan Balckberry ditangan banyak orang adalah menguntungkan bagi kita di pihak pengusaha. Itu seperti buku catalog usaha yang sudah langsung dipegang di tangan masing masing target market dan tinggal kita memasukan informasi yang menarik untuk dibaca oleh setiap pemilik Blackberry atau smartphone.. Saat ini adalah zaman Generasi On Line yang senang terkoneksi satu sama lain.    .  

Display produk dan suasana outlet Anda. 24 jam 7 hari seminggu.
Facebook atau biasa disingkat fb bisa menampilkan picture profile logo brand usaha Anda dan narasi yang berisi profile usaha ataupun promo promo yang ditawarkan di tempat usaha. Kalau usaha Anda adalah restorant misalnya picture profile bisa diganti ganti antara logo brand, foto menu menu yang diberi keterangan di kolom "what's on your mind....." . Yang terpenting adalah memboost jumlah friends fb Anda sampai sebanyak mungkin agar informasi fb usaha Anda bisa diterima banyak pengguna fb lain. Jika sebelumnya fb pribadi Anda sudah memiliki banyak friends dan Anda mempunyai usaha, maka Anda bisa tukar picture profile dan informasi yang Anda biasa tulis dengan info info usaha Anda.  Sepanjang usaha adalah misalnya bidang f&b yang menu menunya umum dan harganya cukup terjangkau, atau usaha semacamnya yang target pasarnya bisa umum dan semua segmen, maka profile friends tidak terlalu harus terlalu spesifik. Anda juga bisa meng-up load foto foto produk usaha Anda di photos, seperti foto menu dan foto suasana resto. Jangan lupa, foto foto yang bagus dan jelas bisa bercerita lebih banyak daripada kumpulan kata kata.. 

Di fb juga fanpage juga dimungkinkan komunikasi 2 arah antara pemilik akun fb dengan friends. Maka promo promo yang dilakukan oleh pemilik usaha bisa langsung dilihat responnya dengan komunikasi antar "wall", misalnya pertanyaan mengenai harga, lokasi tepatnya dimana, apakah menerima delivery order, dll. Penting bagi pemilik usaha untuk merespon komunikasi ini dengan jawaban yang sopan, materi yang menarik, jika perlu langsung tawarkan promo menarik khusus untuk penanya, yang terpenting dia mau datang dulu ke tempat usaha Anda.  

Edukasi target market Anda.
Tweeter. Fasilitas ini juga bisa memberi komunikasi 2 arah antara pemilik akun tweeter yang memiliki usaha dengan para followers. Hanya saja jumlah karakter yang bisa ditulis di info tweeter lebih sedikit. Jadi Anda harus pintar pintar mengefektifkan penggunaan kata kata yang singkat tapi tetap catchy. Foto juga bisa ditampilkan di tweeter hanya sifatnya satuan, bukan koleksi foto seperti di facebook. 

Tapi kita bisa Tweet kata kata yang merupakan "edukasi" produk yang spesifik di Tweeter dan orang masih membacanya karena kontennya singkat padat. Misalnya untuk resto bisa saja menulis singkat Tweet : "nasi goreng hangat dengan rempah gurih dan potongan sate ati dan acar juga telur mata sapi. Nikmaaat". Jika sering sering menginformasikan produk melalui tweet lama lama para followers akan akrab dengan produk produk usaha kita.

Pemilik akun tweeter biasanya lebih sering men-tweet informasi dibanding di facebook. Saat ini ada fasilitas koneksi antara tweeter dan fb sehingga jika Anda melakukan tweet maka info di fb Anda yang nge-link juga akan berganti.  

Bangun komunitas melalui fasilitas social media.
Blackberry Messenger atau Bbm. Menggunakan identitas PIN BB sebagai penanda antar Blackberry merupakan sarana komunikasi 2 arah yang sangat efektif. Karena Bbm ini merupakan fasilitas origin khas Blackberry, maka setiap info yang kita upload dan ditujukan kepada contact list tertentu akan langsung diterima just in time di blackberry contact list.. Ini akan sangat cocok untuk keperluan reservasi, atau handling komplain atau promo yang sifatnya personal seperti ucapan ulang tahun dan menikmati fasilitas disc promo ulang tahun bagi contact tertentu. 

Contact list juga bisa digabung dalam grup, misalnya kalau Anda ingin membuat komunitas fans usaha Anda. Dari sekian banyak contact list anda misalnya Anda mencoba membangun komunitas dengan menanyakan kepada contact list Anda siapa saja yang bersedia tergabung dalam grup silaturahim yang nantinya akan mendapat special benefit dari promo promo restorant Anda yang diblast khusus untuk member grup silaturahim ini. Cukup tunjukan blast promo via grup Bbm kepada receptionist outlet usaha, maka pemilik Blackberry bisa mendapat benefit sesuai prgram promo. Dengan Anda membentuk grup silaturahim ini maka Anda membentuk komunitas khusus usaha Anda yang bisa memberi manfaat bagi usaha Anda secara efektif. Tapi tentu saja sekaligus jika ada member grup yang sedang komplain mengenai usaha kita maka member lain akan ikut mengetahuinya. Secara preventive seharusnya justru ini membuat kita makin serius memperbaiki produk dan service dalam rangka menjaga agar komplain tidak akan sampai terjadi dan tersebar di grup..

Cross Info kontak social media usaha.
Dari tweeter jangan lupa sesekali info kontak No PIN BB dan nama Fb Anda. Juga kontak via email address untuk saran dan komplain. Sebaliknya di Bbm juga info alamat tweeter dan email address juga Fb.  Dengan demikian kemanapun social medianya akan bisa terhubung dengan produk usaha kita via dunia maya. Siapkan satu unit Blackberry khusus yang dibawa bawa terus kemana mana. Ingat namanya gadget handy berarti untuk dibawa bawa, bukan untuk ditaruh di laci dan baru dicek setiap sore. Karena sekali Anda menggunakan fasilitas social media, maka anda harus siap terkoneksi 24 jam 7 hari seminggu terutama sebagai kewajiban Anda merespon dengan segera setiap PING, tweet atau tanda bunyi lain dari gadget Anda.. 

Jika ada budget sedikit untuk membuat website dan alamat email corporate maka silakan diusahakan. Jangan lupa gunakan keywords yang unik agar website usaha Anda lebih sering diakses.

Demikian informasi penggunaan social media yang murah, umum tapi cukup efektif. Yang penting harus tepat penggunaan medianya dan jangan sampai mengganggu kenyamanan pengguna gadget.lain
SEMANGAT SUKSES (Mirza A. Muthi)

No comments:

Post a Comment