Saturday, April 9, 2011

PELAJARAN BERHARGA DARI BANGSA JEPANG

Jepang berduka! Gempa 9 SR disertai Tsunami dan masih berlanjut dengan bencana radiasi nuklir ditengah badai salju -4C benar benar meluluh lantakkan sebagian besar Jepang. Kami dari Obing Mitra ikut merasakan betapa bencana yang harus mereka terima dan kepedihan yang mereka rasakan adalah sangat berat dan rasanya masa perjuangan untuk bertahan masih sangat panjang. Kami sangat bersimpati dan mendoakan semoga bangsa Jepang bisa bertahan dari cobaan berat ini. Sekaligus mengingatkan kepada kita bahwa "Kun Fayakun" pasti bisa terjadi. Jika harus terjadi, maka terjadilah. Tidak ada siapapun yang bisa menahan kehendak Tuhan. Dalam hitungan menit saja semua bisa berubah. Dari negara super power menjadi mulai kembali dari titik nol, sungguh cobaan yang sangat berat.

Tapi ada hal menarik yang tidak pernah hilang dari bangsa Jepang. Kedisiplinan, mental baja dan semangat positif yang luar biasa. Coba bayangkan jika bencana seperti ini terjadi di negara lain, mungkin sudah ditimpa bencana malah makin diperparah lagi oleh kerusuhan pasca bencana, penjarahan asset, caci maki kepada pemerintah, atau malah dijadikan ajang politik saling ambil simpati kelompok tertentu di daerah bencana. Di Jepang saat ini seakan semua melebur menjadi satu tubuh , satu jiwa. Satu sakit, semua berusaha mengobati. Pemerintah juga segera menghentikan project project yang kurang prioritas dan merubah seketika target pembangunan skala negara untuk hal hal yang urgent.


Dari segi rakyat juga tetap bisa menjaga kewarasan mereka. Warga yang menerima bantuanpun tertib mengantri, tidak ada penjarahan mengganggu warga lain yang masih aman, tidak ada gangguan pada warga etnis atau dari negara tertentu, tidak ada teriakan gusar kepada pihak tertentu, tidak ada rebutan bantuan di penampungan pengungsi., bahkan diantara para pengungsi masih saja terjadi saling bantu memberi prioritas pada yang lebih perlu. Sungguh masyarakat yang mandiri dan tidak menambah beban kepada pemerintahnya yang sedang mengarahkan prioritas  berjuang mengatasi dampak radiasi nuklir yang mencapai level 5.


Betul betul keunggulan mental bangsa Jepang terlihat luar biasanya pada pasca bencana ini. Sesuatu karakter bangsa yang diamini, dijiwai, dijalankan, dan diamalkan oleh seluruh masyarakat segala lapisan dan komponen bangsa di Jepang. Maka tidak heran dalam keadaan normal pertumbuhan ekonomi, sosial, industri dan seluruh aspek kebanggaan berbangsa bernegara di Jepang bisa tumbuh dengan sangat cepat dibanding negara lain. Karena mereka sudah memiliki mental yang tepat dan diarahkan oleh pemimpin yang tepat. Mataharipun akan selalu terbit di hati setiap orang Jepang walaupun dalam keadaan alam segelap apapun. Bertahanlah Jepang, segera matahari kalian akan bersinar cerah kembali. 



Tantangannya buat kita rakyat dan bangsa Indonesia, tirulah mental Japanese dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita pasti juga bisa. Yakinlah bahwa nasib suatu negara adalah pemimpin dan rakyat negara itu sendiri yang menentukan. Semoga kita tidak harus ditimpa bencana besar dulu baru melahirkan kebersamaan. Masih ada kesempatan untuk berubah lebih baik.
SEMANGAT SUKSES (Mirza A. Muthi)

No comments:

Post a Comment