Saturday, September 17, 2011

MODAL SOCIAL NETWORK

Seperti sudah diketahui, kita hidup di dunia ini bersama dengan berbagai macam kalangan, berbagai profesi, berbagai keahlian skill, dsb tapi tetap dengan satu tujuan hidup yaitu “mencari uang”. Apapun profesi, usaha, upaya hidup yang dilakukan oleh manusia pada akhirnya adalah bagaimana bisa menghasilkan uang untuk membiayai hidup, keluarga, dalam skala yang yang lebih besar lagi menambah kekayaan, membawa kekuasaan, atau dalam kearifan hidup adalah untuk berderma, membantu orang lain.
Banyak pelaku usaha pemula selalu mengatakan bahwa tidak memiliki modal capital ( uang ) dalam memulai bisnisnya. Padahal uang bukan satu satunya yang terpenting dalam memulai usaha. Adalah social network ( jaringan ) yang bisa mengambil alih kekurangan pengusaha  dalam unsur modal. Social Network Capital ini bisa menggantikan Uang dalam bentuk yang lebih efektif dalam membangun sebuah usaha mandiri di awal memulai usaha.
Misalnya: melengkapi, orang teknik yang mendevelop produk atau teknologi harus berpartner dengan orang non teknis yang bisa lebih berperan di pemasaran agar produk teknologi tadi bisa terjual. Seorang pemikir ide /konseptor kawasan bersinergi dengan arsitektur lansekap dan design agar icon kawasan hiburan taman kota bisa diwujudkan. 3D nya dan dipresentasikan kepada investor  dan pejabat pemerintahan kota.  Seorang pemilik ruko bisa merger dengan pemlik barang dagangan untuk bersama sama membuka usaha dagang di suatu kawasan . Banyak usaha bisa dimulai dengan menggunakan kekuatan jaringan.
Seperti OBING: Organized By Integrated Networking Group, yang bergerak juga dengan mengandalkan kekuatan jaringan. Group pemilik modal bertemu dengan group pemilik barang, dipertemukan oleh pihak penggagas ide bisnis. Group group in berintegrasi dalam satu system bisnis yang telah disepakati bersama dan memulai usaha dengan cara group satu memberi support kepada group lainnya. Kami sendiri di Obingmitra sebenarnya tidak kuat di modal uang, kami hanya menggunakan skill bisnis dan gagasan ide untuk membangun jaringan bisnis Obingmitra. Tentunya yang harus dimiliki lagi adalah sikap professional dan menjaga kepercayaan. Dalam bisnis kedua karakter ini mutlak harus dimiliki oleh setiap pelaku bisnis, baik itu di kalangan share holder maupun stake holder lain. Jika kita sudah tidak punya sikap professional dan tidak bisa dipercaya, maka Anda tidak akan menjadi apa apa sekarang atau juga nanti.  Social Network ini dibangun awalnya dari sikap professional dan memegang kepercayaan. Tidak peduli saat ini Anda hanya karyawan biasa, jalankan tugas dan tanggung jawab Anda dengan sebaik baiknya. Tampilkan performance yang membuat orang yang berhadapan dengan Anda yakin bahwa Anda adalah orang yang kompeten di bidang Anda. Pegang teguh setiap janji kerja, tepati waktu di setiap janji pertemuan, layani client dengan sepenuh hati, penuhi bahkan lampaui target kerja yang dibebankan owner kepada Anda. Maka setiap orang akan melihat Anda sebagai mitra bisnis yang bisa dipercaya untuk ditempatkan sebagian dana mereka untuk investasi bisnis dengan skema kemitraan.
Maka jika sekarang Anda masih karyawan dan ingin memiliki bisnis sendiri, tekunlah pada pekerjaan Anda. Bekerjalah diatas standard rata rata karyawan lain. Tuhan tidak tidur, dan banyak orang lain disekitar Anda juga mengamati Anda. Jika saat itu datang, Anda akan diajak berbisnis oleh orang yang sudah lama mengamati Anda atau mereferensikan Anda sebagai seorang yang kompeten, professional dan bisa dipercaya untuk menjadi mitra bisnis. SEMANGAT SUKSES ( Mirza A.Muthi )


No comments:

Post a Comment