Saturday, March 8, 2014

SKILL KOMUNIKASI UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK

Dalam aspek kehidupan apapun dimana Anda diharuskan melakukan kontak atau hubungan dengan manusia lain, maka seringkali Anda temukan hal hal yang berjalan tidak sesuai apa yang Anda mau, seperti tidak tercapai tujuan, tidak dijalankan persis seperti apa yang Anda mau, konflik karena tidak ada kecocokan maksud, dll. Coba cek komunikasi Anda, mungkin ini menjadi pangkal masalah yang harus Anda prioritaskan untuk ditangani. Komunikasi adalah kata kunci untuk sukses menggerakan sebuah proses mencapai tujuan bersama yang menyangkut lebih dari 2 orang dalam segala aspek hidup dan untuk tujuan apapun itu.

Dari lingkungan terdekat Anda seperti komunikasi antara suami istri, 2 orang yang paling dekat dalam unit rumah tangga misalnya. Menentukan kerukunan rumah tangga. Rumah tangga yang langgeng karena komunikasi suami istri ada di frekuensi yang sama. Tidak ada yang suami terus yang boleh bicara dan istrinya hanya boleh mendengar atau sebaliknya istri terus yang minta diperhatikan dan minta diberi, sementara suami harus mati matian berusaha keras memenuhi keinginan istri. Bahwa dalam setiap hubungan dua hati keduanya percaya tidak ada yang tidak bisa diselesaikan jika saling terbuka dan percaya untuk sama sama menyelesaikan masalah. Suami istri seharusnya saling berbicara di frekuensi saling mencintai, percaya dan rasa membutuhkan. Jika tidak ada 3 semangat tsb maka komunikasi suami istri akan emosional yang egois belaka.

Kita tahu tidak mudah mengikat 2 hati selama mungkin, apalagi yang sudah menjadi suami istri. Tapi syukur dan cinta seharusnya akan membuat komunikasinya lebih mudah. Tapi jika salah satu pihak ada yang mulai mengkhianati atau membandingkan pasangannya, maka 3 semangat tsb akan otomatis hilang. Tunggu saja waktu konfliknya 

Area komunikasi lebih luas lagi antara orang tua dan anak dalam satu keluarga harus dilandasi semangat bahwa anak percaya kalau dia disayang, diperhatikan oleh orang tuanya. Setiap anggota keluarga harus merasa nyaman berada dalam keluarga, rumah adalah selalu tempat untuk kembali dari kepenatan dan masalah hidup, orang tua selalu jadi panutan dan real hero buat anak. Sementara anak selalu jadi permata hati dan kebanggaan orang tua. Komunikasi anggota keluarga di frekuensi penuh cinta, percaya, sabar dan saling mendo'akan . Bagaimana cara komunikasi dan perilaku suami istri akan dicontoh oleh anak2. Maka berlakulah penuh sayang dan berikan contoh nyata pada anak

Area lebih luas lagi adalah komunikasi dalam setiap organisasi perusahaan dimana butuh kordinasi efektif dan tepat antar setiap department agar bisa mengeliminasi terjadi potensi konflik antar department. Harus dimaknai walaupun di organisasi perusahaan terdiri dari beberapa dept dengan jelas tugas masing2 dept, ada budget masing2, tapi tetap semuanya bekerja demi 1 tujuan yang sama. Level manager dalam setiap dept memegang peranan penting dalam mendelegasikan tugas, mengalirkan komunikasi yang kondusif dan efektif di perusahaan. Komunikasi antar dept yang mampet atau terputus menjadi awal hancurnya proses kinerja bisnis. Banyak terjadi konflik lintas dept dan tidak akan bisa selesaikan masalah. Harus ada semangat saling membutuhkan, tidak merasa orang atau dept yang paling penting dan rasa memiliki usaha bersama demi kebaikan perusahaan. Komunikasi antara pemimpin dan yang dipimpinnya harus dilandasi semangat saling memahami dan menghargai. Pola kinerja based on instruksi. Misal manager yang memberi perintah paham menjelaskan knowhow instruksinya, karena itu akan lebih bagus jika sebelumnya memang manager sudah pernah pengalaman praktek dan teori di bidang yang ditanganinya sehingga fungsi pendelegasian berjalan dengan benar dan applikatif realistis. Intinya bawahan yang diberi instruksi paham tujuan yang akan dicapainya dan bersedia menjalankan instruksi karena paham tahapan kerja dan jelas cara kerjanya 

Belum lagi status manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan manusia lain. Tidak selalu harus hubungan keluarga, hubungan kerja, atau hubungan profesional lain, tapi interaksi antar manusia selalu terjadi kapanpun. Semakin baik Anda bisa mengelola komunikasi dan sekeliling Anda senang dengan cara Anda berkomunikasi, maka hidup Anda akan semakin mudah. Karena itu kelola skill komunikasi Anda sesuaikan dengan tujuan komunikasi. Komunikasi berwawasan spesifik dan data untuk urusan bisnis dan profesional, komunikasi berwibawa dan bijaksana untuk mengelola bawahan, komunikasi penuh cinta dan pengertian kepada mereka yang Anda sayangi. Alirkan agar isi komunikasi menjadi pesan yang jelas dan berbuah persepsi atau tindakan yang tepat, lalu bersyukurlah bahwa disekeliling Anda masih ada mereka yang bisa memperhatikan, mendengar, mendukung, memberi saran, masukan, mengerjakan apa yang Anda maksudkan. Bayangkan jika Anda hidup sendiri di lingkungan Anda, tanpa ada yang bisa Anda ajak bicara, atau tidak peduli dengan apa yang Anda bicarakan, atau lebih buruk lagi tidak ada lagi yang mau mendengar dan peduli kepada bicara Anda karena cara komunikasi Anda yang salah. Agar hidup jadi lebih indah maka perhatikan cara komunikasi Anda, karena Anda akan dinilai dari situ.

SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

No comments:

Post a Comment