Tuesday, April 6, 2010

PELAJARAN SANGAT BERHARGA DARI “ORANG BIASA YANG LUAR BIASA”

Nonton Rossy talkshow di Global TV tgl 25 April 2010 malam sungguh memberikan inspirasi. Seorang gadis  yg mengalami sindrom kelainan otak tapi terus belajar sampai tingkat kuliah tanpa merasa minder dengan teman teman sebayanya, anak balita umur 4-5 tahun yang setiap hari harus jalan kaki 10 km ditemani ibunya untuk ke sekolah dengan resiko ditabrak mobil mewah yang berlari kencang karena harus menyebrangi jalan tol, seorang nenek 74 tahun yang masih semangat terus kuliah sampai jenjang S3, juga memiliki suami yang masih terus mendukungnya dengan penuh kemesraan mengantar naik motornya walaupun sudah sama sama tua, dan tukang batu yang memiliki Madrasah dengan 90 siswa di sekolahnya yang seadanya dan masih punya cita cita punya rumah yatim dan panti jompo ! Menonton “wajah biasa” mereka dan mendengar kisah hidup mereka memberikan perasaan  bangga yang meledak, membuncah dalam dada dan meledak menjadi keharuan. Sekaligus bagi saya pribadi seakan akan ditampar wajah saya keras keras dari segala arah dan saya tidak akan marah atau melawan karena memang saya pantas mendapatkannya. Saya tidak senilai dengan adik, saudari, bapak, nenek yang tampil di acara Rossy ini. Malu sekali rasanya, saya yang diberi fisik dan mental sempurna, tidak kekurangan dalam ekonomi, kadang masih timbul rasa "hilang semangat" untuk terus belajar, "kurang iklas" untuk berderma dan menolong sesama, merasa sudah "paling pintar sendiri", atau malas bergerak fisik maunya "naik mobil terus kemana mana". Apalah yang saya bisa banggakan seandainya saya dibawa satu panggung dengan mereka dan saya diminta untuk cerita "perjuangan hidup" saya. Saya pasti akan mati kutu, mati gaya, diam seribu bahasa, karena merasa tidak berarti apa apa dibanding para sahabat Rossy yang luar biasa tampil malam itu.
Yang juga perlu jadi catatan para sahabat semua, bahwa kesuksesan dalam pendidikan formal ditambah dengan karakter /mental hidup yang positif sebagai bagian dari pendidikan informal, semangat pantang menyerah dan iklas memberi kepada sesama adalah kunci kesuksesan hidup. Nilai kesuksesan hidup tidak semata diukur dari jumlah materi yang kita bisa kumpulkan, tapi bagaimana kita bisa menyikapi segala kekurangan kita dengan upaya keras diri sendiri dan dukungan orang terdekat sekitar kita, bukan menyalahkan keadaan atau orang lain, bukan untuk dikomplain kepada Tuhan Maha Pencipta atau minta dikasihani semua orang, tapi justru untuk didaki dan dilampaui dengan kepercayaan diri. Karena kita percaya di balik setiap bukit cobaan selalu ada saatnya kita akhirnya mencapai puncak dan akhirnya tinggal melewatinya menuju lembah untuk beristirahat menikmati keberhasilan. Bravo Rossy talkshow, inspirasi yang memberi pelajaran bagi kita semua. Semakin banyak talkshow inspiratif.seperti ini di TV akan sangat baik agar station TV ikut berperan sebagai Agen pembawa perubahan terutama dari aspek mental masyarakat Indonesia yang umumnya masih sering kedodoran. Contoh nyata cara menyikapi hidup dan keyakinan tujuan hidup dari "orang orang sederhana" seperti sahabat Rossy malam ini membuat kita jadi tersadar bahwa kita tidak lebih baik dari mereka. Apakah kita masih punya rasa malu? Tanyakan hati nurani Anda sendiri. 
Semangat Sukses (Mirza A.M.)


No comments:

Post a Comment