Kepuasan pelanggan secara
sederhana bisa diukur. Parameternya diamati dari progress omzet toko dan jumlah
pelanggan yang datang dari waktu ke waktu di toko Anda, perhatikanlah. Apa
setiap waktu pelanggan Anda bertambah, omzet makin tinggi atau makin hari malah
makin sedikit dan bahkan pelanggan makin hilang. Pelanggan adalah sumber
pendapatan usaha kita. Maka tempatkanlah prioritas Anda paling utama pada
kebutuhan pelanggan. Jangan bedakan perlakuan dan tingkat kesopanan untuk
pelanggan. Apakah dia pelanggan besar atau pelanggan kecil. Harus sama
sopannya, tegur sapanya. Silakan membedakan dari fasilitas ataupun bonus,
compliment, sesuai besar belanjanya. Tapi jangan sesekali bedakan dari keramahannya.
Manusia pada dasarnya sama sama ingin dihargai, apalagi dia yang sudah merasa
memberikan uangnya pada toko Anda
.
Pelanggan ada yang biasa
komplain dengan langsung, terbuka di depan manager outlet. Tapi banyak juga
yang hanya diam saja, keluar seperti tidak ada masalah. Lalu diluar mereka
menuliskan komplain di media sosial bahkan langsung menulis di surat pembaca
koran, justru pelanggan seperti inilah yang lebih beresiko. Kastemer tidak akan
kembali ke toko Anda jika dia tidak merasa nyaman dan ada pilihan lain. Tidak
ada pelanggan maka tidak ada bisnis. Bahaya untuk investasi Anda. Maka pastikan
Anda dan seluruh jajaran outlet menstandardkan pelayanan dan keramahan pada
setiap pelanggan Anda untuk kepuasan standard.
Semakin Anda bisa menjaga
pelanggan yang sudah ada saja, maka pelanggan baru akan datang sendiri dari
informasi yang disampaikan pelanggan yang puas. Pelanggan yang puas akan secara
rela dan iklas memuat kepuasannya di media sosial, mereferensikannya kepada
saudara dan rekan2nya. Anda tidak perlu lagi ngotot menyebar brochure, pasang
iklan di koran yang mahal, dan lain2 marketing program dan campaign yang
berbiaya mahal.
Jangan juga Anda cuma janji
janji di marketing dan promo tools, tapi begitu pelanggan bersedia datang ke
toko Anda malah mereka kecewa yang didapatkan. Promo Anda cuma pemberi harapan
palsu. Apa yang Anda tawarkan dalam brochure, iklan dan promo tidak sesuai dan
standard pelayanannya juga buruk. Jadi untuk mudahnya, pastikan produk Anda
yang terbaik, SDM Anda terbaik, team kerja Anda paling solid dan layani
pelanggan Anda dengan standard terbaik.
SEMANGAT
SUKSES (Mirza A.Muthi)
No comments:
Post a Comment