Tuesday, September 1, 2015

JAGA PELANGGAN ANDA

Kepuasan pelanggan secara sederhana bisa diukur. Parameternya diamati dari progress omzet toko dan jumlah pelanggan yang datang dari waktu ke waktu di toko Anda, perhatikanlah. Apa setiap waktu pelanggan Anda bertambah, omzet makin tinggi atau makin hari malah makin sedikit dan bahkan pelanggan makin hilang. Pelanggan adalah sumber pendapatan usaha kita. Maka tempatkanlah prioritas Anda paling utama pada kebutuhan pelanggan. Jangan bedakan perlakuan dan tingkat kesopanan untuk pelanggan. Apakah dia pelanggan besar atau pelanggan kecil. Harus sama sopannya, tegur sapanya. Silakan membedakan dari fasilitas ataupun bonus, compliment, sesuai besar belanjanya. Tapi jangan sesekali bedakan dari keramahannya. Manusia pada dasarnya sama sama ingin dihargai, apalagi dia yang sudah merasa memberikan uangnya pada toko Anda
.
Pelanggan ada yang biasa komplain dengan langsung, terbuka di depan manager outlet. Tapi banyak juga yang hanya diam saja, keluar seperti tidak ada masalah. Lalu diluar mereka menuliskan komplain di media sosial bahkan langsung menulis di surat pembaca koran, justru pelanggan seperti inilah yang lebih beresiko. Kastemer tidak akan kembali ke toko Anda jika dia tidak merasa nyaman dan ada pilihan lain. Tidak ada pelanggan maka tidak ada bisnis. Bahaya untuk investasi Anda. Maka pastikan Anda dan seluruh jajaran outlet menstandardkan pelayanan dan keramahan pada setiap pelanggan Anda untuk kepuasan standard.

Semakin Anda bisa menjaga pelanggan yang sudah ada saja, maka pelanggan baru akan datang sendiri dari informasi yang disampaikan pelanggan yang puas. Pelanggan yang puas akan secara rela dan iklas memuat kepuasannya di media sosial, mereferensikannya kepada saudara dan rekan2nya. Anda tidak perlu lagi ngotot menyebar brochure, pasang iklan di koran yang mahal, dan lain2 marketing program dan campaign yang berbiaya mahal.

Jangan juga Anda cuma janji janji di marketing dan promo tools, tapi begitu pelanggan bersedia datang ke toko Anda malah mereka kecewa yang didapatkan. Promo Anda cuma pemberi harapan palsu. Apa yang Anda tawarkan dalam brochure, iklan dan promo tidak sesuai dan standard pelayanannya juga buruk. Jadi untuk mudahnya, pastikan produk Anda yang terbaik, SDM Anda terbaik, team kerja Anda paling solid dan layani pelanggan Anda dengan standard terbaik. 
SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

No comments:

Post a Comment