Jumat, 01 September 2017

JADILAH BROKER SMART



Apa yang bisa Anda lakukan pada saat kena PHK? Sementara situasi ekonomi sedang susah, mau apa kedepan masih belum kepikiran. Mau usaha tapi modal terbatas dan takut mengalami kerugian besar. Banyak orang memiliki sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Bisa terjadi jual beli jika bisa bertemu atau dihubungkan. Cuma karena tidak kenal, maka kebutuhan ini tidak bisa dipenuhi oleh Anda. Cobalah sambil menunggu dapat pekerjaan baru, pikirkan jadi broker. Broker atau mediator maknanya adalah menghubungkan antara dua kebutuhan. Selain modal kecil, juga kemungkinan berhasilnya lebih besar dengan resiko kerugian lebih kecil. Singkatnya Anda akan membantu menjualkan barang produk/ jasa milik orang lain. Baru dari hasil penjualan tsb Anda bisa dapat komisinya. Modalnya seringkali hanya HandPhone, atau broker dalam skala yang lebih smart lagi menggunakan system IT.

Ini contoh broker mudah murah. Jika Anda berkantor di gedung atau kawasan perkantoran yang punya banyak kantor perusahaan yang operasional disana, pasti banyak karyawan yang suka makan siang pesan minta dibelikan oleh office boy. Biasanya saat karyawan tsb tidak ada waktu keluar kantor karena sedang kejar target pekerjaan, atau sedang malas keluar kantor. Sebagai karyawan yang pernah bekerja di salah satu kantor yang ada di gedung tsb pasti sudah paham dimana harus beli sate ayam terlezat, soto daging terenak, nasi padang termurah tapi lengkap, es cingcau paling fresh, bahkan gorengan paling garing, dll. Walaupun banyak tempat makan di kawasan tsb tapi biasanya tiap tiap tempat makan punya menu unggulan masing masing yang paling favorit dicari pelanggan. Anda bisa membuatkan "buku menu" dari kompilasi menu menu favorit tsb dan memberi harga baru dengan kelebihan harga misal Rp. 5000 per menu. Jadi buku menu baru tadi anda edarkan ke semua kantor kantor yang ada di kawasan tsb lengkap dengan no HP Anda. Jika ada pesanan maka Anda tinggal membeli dari tempat makan yang sesuai, membayarnya dan menyampaikan ke pemesan lalu menerima pembayaran dengan kelebihan Rp. 5000 dari satu order. Jika dalam satu sesi makan siang Anda bisa melayani 30 pemesan, maka Anda akan mendapatkan Rp. 150.000 dalam 2 jam tsb. Belum lagi yang memesan makanan diluar 2 jam sesi makan siang, sedangkan rata rata kantor buka mulai pkl. 8.00 - 18.00. Mungkin Anda bisa dapat Rp. 250.000 - Rp. 300.000 per hari kerja. Jika dikalikan 25 hari kerja maka bisa Rp. 7.500.000 sebulan dengan bermodalkan hanya "buku menu" buatan Anda sendiri. Asal tempat makan dimana Anda membeli menu tsb masih buka, dan kantor dimana Anda mendapat order juga masih operasional, maka selalu ada kemungkinan Anda mendapatkan "omzet". Mudah dan murah bukan, hanya memang Anda harus sibuk untuk menerima telpon, mencatat orderan, wara wiri seputar kawasan perkantoran tsb untuk memesan pesanan baik datang langsung atau via telpon ( jangan menunggu sampai selesai dibuat karena bisa ke resto lain untuk mengorder menu lain dulu) , mengambil kembali semua pesanan dan mengantarkan satu satu ke pemesan. Capek memang, tapi Anda bekerja sendiri, tidak ada yang mengatur Anda dan sudah jelas ada hasil uangnya. Jika perkembangannya bagus Anda bisa minta bantuan 2 -3 orang lain untuk membantu Anda agar mobilisasi bisa lebih cepat dengan pengaturan zona kerja. Yang penting jaga service kepada pembeli Anda dan jika bisa jaga hubungan dengan resto pemasok menu Anda sehingga orderan Anda bisa jadi prioritas untuk didahulukan dimasak jika ada pesanan dr Anda.

Banyak hal bisa dilakukan dengan system broker ini. Memangnya Gojek perusahaan transportasi? Mereka tidak punya armada motor atau mobil sendiri. Mereka menggunakan system IT yang memungkinkan secara just in time dan luas menjaring order. Maka yang Gojek tawarkan adalah akses mendapatkan pelanggan untuk mitranya para pemilik kendaraan yang punya waktu untuk mengantarkan penumpang untuk mendapatkan uang. Gojek sekarang terus berkembang dalam jasa transportasi lainnya, mengirim orang, mengirim barang, menghubungkan mereka yang punya jasa tertentu seperti pijat, makanan, dan banyak kemungkinan lain. Bekerjalah secara smart seperti Gojek, maka modal bisa kecil tapi manfaat bisa maksimal sehingga nilai bisnis bisa jauh berlipat lipat.

Pada akhirnya setiap orang membutuhkan akses. Akses kepada jasa dan barang, akses kepada pembeli atau pengguna jasa, akses kepada alat kerja ( seperti kendaraan dalam kasus gojek) . Maka IT system adalah cara yang paling efesien dan efektif karena dengannya bisa dijangkau oleh internet yang dimiliki on hand oleh jutaan pengguna HP. Ataupun jika via website, maka website tsb bisa diakses darimana saja selama ada koneksi internet. Maka di website tsb kita bisa mengumpulkan info dan foto produk dari berbagai produk yang orang lain buat dan website Anda sebagai akses untuk terjadinya promo order jual beli. Anda tidak harus memiliki barang produk jualan sendiri yang harus Anda beli putus lalu akan rugi jika barangnya tidak dibeli orang dalam jangka waktu tertentu atau toko yang sewanya mahal bahkan masih harus bayar gaji karyawan atau bayar listrik. Cukup kordinasikan produk dengan sumber sumber Anda, buat website, promokan produk produk tsb di website Anda lalu atur bagaimana cara kerja bisnisnya antara pemasok dan pembeli. Anda akan mendapatkan fee dari setiap transaksi.

Mau lebih fokus agar terarah? Buatlah website khusus jual mobil motor bekas/secondhand bekerja sama dengan showroom mobil dan motor. Anda bisa jualan mobil motor tanpa Anda harus beli mobil motor tsb dan buka showroom yang modalnya besar. Banyak lagi kemungkinan lain yang bisa menggunakan system broker. Ini hanya sekedar inspirasi saja. Silakan dieksplore segala kemungkinannya. 


SEMANGAT SUKSES
(Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar