Saturday, January 1, 2011

BELAJAR DARI TIMNAS

Piala AFF telah menemukan juaranya. Walaupun itu bukan Indonesia tapi banyak hikmah yang kita dapat dari event ini. Betapa semua masyarakat Indonesia, mulai dari presiden sampai anak anak larut dalam semangat nasionalisme, semangat kebangsaan, bernyanyi bersama, yel yel yang membakar semangat dan haru biru kebanggaan terhadap icon bangsa: tim nasional bola. Tentu bukan tanpa sebab, karena timnas telah memberikan bukti perjuangan yang nyata yaitu telah mengalahkan lawan lawannya dengan hanya sekali kalah. Lepas dari kekalahan di kandang lawan yang juga memancing banyak pendapat dimana kita masih juga bisa "belajar" dari penyebab kekalahan itu, yang pasti secara keseluruhan harapan untuk lebih baik dimasa depan bisa dititipkan pada team nasional saat ini. 

Ada progress nyata yang bisa kita rasakan. Skill yang meningkat, kekompakan yang makin padu, kecepatan dan determinasi, kegigihan dan semangat juang, nasionalisme, sportivitas dan banyak hal lain dari timnas dan supporter sekarang yang makin dewasa yang seharusnya bisa "mengajari" kita dalam banyak hal. Mudah mudahan karakter timnas saat ini menular kepada setiap pribadi kita dan karakter kebangsaan pada umumnya untuk aspek kehidupan kita di tahun 2011 ini. Karakter calon juara: Kecintaan pada bangsa, Kegigihan untuk selalu menang, Pantang menyerah, Sportif, Team work, dan percaya pada satu tujuan: satu saat kita pasti menang.

Dan berkat timnas walaupun setelah piala AFF ini orang masih dengan bangga mengenakan kaos merah dengan lambang Garuda di dada. Hidup Tim Nasional Bola. Membanggakan! Nasionalisme ternyata bisa tumbuh dari mana saja, termasuk dari olah raga. Lambang negara akan dengan bangga menjadi atribut anak bangsa jika ada motor penggerak nyata rasa kebanggaan berbangsa dan bernegara. Bukan hanya jargon. 
SEMANGAT SUKSES ( Mirza A. Muthi )

No comments:

Post a Comment